x
BREAKING NEWS

Selasa, 18 Desember 2018

Hal Kecil Untuk Lebih Mengerti Alam

Dakwahpos.com, Bandung- Curah hujan yang terjadi di penghujung tahun 2018 memang cukup tinggi, apalagi di daerah- daerah yang dekat dengan sungai, kali, ataupun waduk. Tak jarang curah hujan yang cukup tinggi ini, menyebabkan masalah rutin setiap tahunnya yaitu terjadinya banjir dan tanah longsor.

Banjir dan tanah longsor tidak hanya disebabkan oleh keadaan alam saja, namun seringkali terjadinya banjir dan tanah longsor disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri. Kebiasaan manusia yang jarang sekali peduli terhadap lingkungan sekitar, seringkali menyebabkan hal-hal yang dapat merugikan dirinya sendiri. Seperti terdapat banyaknya pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya, tentu saja hal ini dapat memicu penyebab terjadinya banjir dan tanah longsor.

Banyak sekali jika diperhatikan terdapat sampah-sampah yang dibuang disungai dengan sengaja oleh masyarakat sekitar, selain itu pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya juga dapat menyebabkan tanah longsor. Selain karena keadaan alam, tanah longsor juga dapat dipicu karena kurangnya perhatian masyarakat terhadap pembangunan rumah yang tidak mengikuti prinsip teraserring.

Sebagai manusia tentu saja kita tidak menginginkan hal ini terjadi, apalagi hal ini terjadi hampir setiap tahun. Selain menyebabkan hilangnya harta benda dan tempat tinggal, tidak jarang banjir dan tanah longsor juga dapat menyebabkan meninggalnya manusia itu sendiri.

Sehingga sebagai manusia kita harus dapat lebih waspada terhadap bencana-bencana alam lainnya, yang hanya dapat merugikan diri sendiri. Selain itu sebagai manusia, kita juga perlu untuk lebih menjaga lingkungan tempat tinggal kita. Dimulai dari hal kecil, seperti tidak membuang sampah pada tempatnya. 


Reporter : Edra Adha Yati, KPI 3A 

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia