x
BREAKING NEWS

Rabu, 19 Desember 2018

Bersama Mengimplementasikan Hak Asasi Manusia

Hak asasi merupakan seperangkat kebutuhan yang melekat dalam diri setiap manusia. Kita tentunya memilik hak asasi manusia begitu juga manusia yang lainnya, setiap orang memiliki hak yang sama juga. Semua manusia memiliki hak nya masing-masing yang harus dipenuhi, demi kemaslahatan hidupnya. Namun dini hari ini seringkali kita menemukan ketika adanya hak asasi manusia yang tidak terpenuhi.

Seringkali hak hidup yang merupakan hak asasi manusia yang paling utama tidak di hiraukan oleh banyak kalangan. Contohnya saja ketika terjadi kasus aborsi yang marak terjadi berbagai tempat. Hal ini merupakan bentuk nyata bahwa hak hidup saja masih banyak yang orang lain abaikan. Atau hak untuk berbicara di ruang publik, kita juga masih sering menemukan keterbatasan pendapat yang dibatasi apalagi jika pendapat itu menyangkut elite politik.

Karena itu, kita masih sangat memerlukan adanya hak asasi manusia yang diimplementasikan secara nyata. Kita memerlukan pendidikan dasar mengenai  hak asasi manusia di sekolah-sekolah dasar untuk mewujudkan hak asasi manusia yang dihargai oleh setiap individu. Masyarakat harus peka terhadap hak asasi manusi yang harus dipenuhi satu sama lain.

Setiap manusia memilki hak asasi manusia, namun bukan berarti kita harus hanya terfokus pada ham dirinya sendiri, kita juga harus memikirkan hak asasi manusia yang dimilki ileh orang lain. KArena pada dasrnya ruang gerak hak asasi manusia kita dibatasi dengan hak asasi manusia yang dimiliki oleh orang lain. Oleh karena itu selain diberikan pendidikan sejak dini mengenai hak asasi manusia, setiap individu juga harus memiliki kesadaran diri terhadap hak asasi manusia orang lain sehingga akan adanya kesinambungan dan bekerja sama dalam pemenuhan hak asasi manusia secara bersama.


Oleh : Ai Siti Rahayu/KPI 3A



Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
made with by incsomnia