x
BREAKING NEWS

Jumat, 02 November 2018

Ustadz Ridwan Femi K. : Jika Kamu Orang Beriman, Tinggalkan Riba


Dakwahpos.com, Bandung – Persoalan tentang riba telah lama menjadi bahan diskusi dan peringatan oleh para Ustadz yang menyampaikan amar ma'ruf nahi munkar.  Tak jarang, selain Ustadz, guru-guru agama disekolah pun turut serta memperingati anak didiknya untuk menjauhi riba. Seperti yang disampaikan oleh Ustadz Ridwan Femi K. SE. dalam ceramahnya bertema tentang riba, yang berlokasi di Masjid Al-Mukhtar kelurahan Cipadung Kulon. Kegiatan ceramah ini dihadiri oleh ibu-ibu yang begitu antusias mendengarkan ceramah siang itu (18/10).

"Jenis-jenis riba teh naon wae bu? Bank keliling, tres koperasi, koperasi na nu kumaha ibu? Nu aya bunga na. tres naon wae bu? rentenir, dan seterus na nu aya denda ti jualbeli atau kasapakatan eta." Ungkap Ustadz Ridwan Femi dalam sesi tanya jawabnya dengan ibu-ibu mengenai bentuk-bentuk riba, senin (18/10/18).

Riba menurut ilmu figh dalam Islam adalah akad yang terjadi atas pertukaran suatu barang atau uang yang perimbangannya tidak diketahui secara syariat. Dalam kehidupan yang serba modern seperti sekarang ini, tanpa disadari, riba seolah menjadi gaya hidup yang wajar dilakukan. Dan hingga akhirnya tanpa sadar terjebak didalamnya.

Dalam ceramahnya, Ustadz Ridwan Femi menggunakan metode membacakan ayat Al-Qur'an dahulu yang berhubungan dengan riba lalu kemudian menerangkan kepada ibu-bu pengajian Masjid Al-mukhtar.

"Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba). Maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan), dan urusannya (terserah) kepada Allah, orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya." (Q.S Al-Baqarah 275).

Dalam ceramahnya, Ustadz Ridwan Femi menerangkan dampak buruknya riba, semua amalan yang kita lakukan, sholat kita semasa hidup akan hilang jika sekali-kali pun memakan harta riba. bila riba itu dihindari, amalan-amalan dan sholat kita semasa hidup Allah akan sempurnakan lagi, dan jika orang tersebut kembali kepada riba maka neraka balasannya. Saat sesi terakhir ceramahnya, Ustadz Ridwan Femi menganjurkan dan berharap ibu-ibu saat ini dapat membedakan harta yang haram dan yang halal agar ibu-ibu sekalian dapat terhindar dari riba.


Reporter : Ando Adhi Putra KPI/3A

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project