x
BREAKING NEWS

Selasa, 17 Oktober 2017

Renovasi Belum Selesai, Kegiatan Masjid Al-A’raaf Tidak Berjalan Lancar


Dakwahpos, Bandung-  Masyarakat RW 27 Perumahan Permata Biru, Ciluenyi, Kabupaten Bandung pada tahun 2014 berinisiatif membangun masjid secara swadaya dengan ukuran yang tidak terlalu besar, namun sekarang setelah adanya harapan baru untuk mencukupi daya tampung demi kenyamanan bersama dan menarik masyarakat untuk rutin sholat berjama'ah, maka dilakukanlah renovasi pada akhir tahun 2015 hingga saat ini. Beberapa renovasi yang dilakukan adalah dibuatnya pendopo yang digunakan sebagai tempat sholat jama'ah apabila tidak tertampung didalamnya sekaligus sebagai tempat perkumpulan masyarakat, baik pengajian yang dilaksanakan setiap malam Jum'at atau kajian tafsir yang dilaksanakan setiap malam Selasa.

Namun sayangnya, program-program kajian yang ada di masjid ini masih memiliki antusiasme yang rendah dari masyarakat. Karena pihak masjid sendiri masih memfokuskan pada penyelesaian pembangunan. Setelah pembangunan selesai 100% pengurus berjanji akan memfokuskan program-program yang sebelumnya kurang berjalan. "Hingga saat ini diperkirakan tahap pembangunan sudah mencapai 50% menuju target" ungkap Pak Dekky Rizal selaku Kepala Divisi Pembangunan. Meski demikian, PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) tetap rutin dilaksanakan karena panitianya dari masyarakat setempat. 

Untuk merealisasikan pembangunan masjid hingga sesuai harapan, masjid ini menggunakan program 'wakaf masjid' oleh masyarakat setempat. Wakaf per meter masjid ini minimal Rp.2.500.000; untuk perorang, bisa dibayar berangsur atau langsung dilunasi tak menjadi masalah bagi yang mampu mewakafkan. Program ini sifatnya tidak memaksa, yang bisa meyumbang semampunya biasanya menggunakan program ZIS (Zakat, Infaq, Shodaqoh). Dari total 500 meter masjid ini, kurang lebih baru 230 meter yang terwakafkan, sebab itulah mengapa perenovasian tak kunjung usai, dana yang telah terkumpul belum memenuhi target untuk mencapai tahap akhir dari pembangunan ini. 

"Harapan kedepannya adalah semoga masyarakat sekitar giat menyumbang sehingga pembangunan masjid ini cepat terselesaikan dan program lain dapat berjalan lancar sesuai harapan dan mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Karena visi dari masjid tersebut adalah "Masjid memakmurkan masyarakta dan masyarakat memakmurkan masjid".  Tutur Pak Dekky terakhir kali. 
Selasa (10/10/2017)
Reporter: Ratu Abelia Achiva, KPI/3D

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio