x
BREAKING NEWS

Selasa, 22 November 2016

Atasi Banjir Sebelum Musim Hujan


Oleh : Ayu Seftiani

Banjir adalah luapan air yang diakibatkan salah satunya oleh hujan yang turun dengan intensitas curah hujan yang tinggi dan dengan waktu yang lama. Serta aliran air yang tidak mengalir dengan baik, sampah yang dibuang tidak pada tempatnya dan dibuang disungai secara terus-menerus, serta sedikitnya jumlah permukaan tanah yang memiliki penyerapan air yang baik.

Ada beberapa  cara untuk  mengatasi banjir, yaitu Pertama, membuat saluran air yang baik, saluran air yang baik  dibutuhkan irigrasi sampai pembuangan ahir air yang jelas. Apabila pembuangan ahir air ini sampai di sungai mati atau tidak mengalir maka air akan meluap. Atau dengan membuat trowongan saluran air dibawah tanah, semuanya itu air hujan, yang akan mengalir lewat trowongan air bawah tanah, dan ahirnya disalurkan ke laut.

Kedua, membuang sampah pada tempatnya, seperti yang kita ketahui bersama khususnya di indonesia minimnya kesadaran masyarakat  dalam membuang sampah pada tempatnya, yang mengakibatkan banjir, seperti  contoh sampah dibuang ke sungai secara terus-menerus dan mengakibatkan air sungai meluap tatkala hujan turun karena banyaknya tumpukan sampah. Ketiga menanam pohon, permukaan tanah yang memiliki penyerapan air yang baik salah satunya dengan menanam pohon atau tanaman diarea rumah seperti pohon mangga, tanaman-tanaman, pohon jambu, dan lain-lain.

Ketiga cara di atas memang dapat mengatasi banjir, akan tetapi tidak akan bisa terlaksana  apabila tidak ada kesadaran dan dukungan dari masyarakat. Selain hal tersebut mesti kita ketahui tanaman dapat menyerap air melalui akar yang diangkut kebatang lalu kedaun xillema, semakin banyak pohon yang ditanam dan tumbuhan-tumbuhan yang dirawat maka akan dapat terhindar dari banjir. Oleh karena itu kita harus menanam tumbuhan  yang banyak agar terhindar dari banjir.

Penulis, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio