Bencana Alam Di Indonesia

Oleh : Mohammad Heikel Alfafa

Bencana Alam, bencana alam atau alam yang menimpa di Indonesia adalah sebuah bencana alam (natural disaster) di Indonesia yang melibatkan dua atau lebih negara. Bencana alam tersebut tidak bisa diprediksi dan tidak bisa dicegah sama sekali. Penyebabnya bisa karena fenomena alam ataupun manusia sendiri, misalnya gempa bumi, tsunami, banjir, kekeringan dan lain-lain.
Dalam pandangan agama Islam, malaikat juga menjadi salah satu penyebab bencana alam ini. Malaikat memiliki kekuasaan untuk menimbulkan bencana ataupun mendatangkan angin serta hujan. Dengan memiliki kekuasaan ini, malaikat dapat menimbulkan angin serta hujan dengan caranya sendiri tanpa adanya perintah Allah SWT.
Akhir-akhir ini banyak bencana yang menimpa negeri kita indonesia. Gempa cianjur, tsunami jateng, tanah longsor dan lain-lain.
Bencana adalah peristiwa yang menimbulkan kerugian, kematian atau malapetaka di lingkungan berkecamuknya tsunami, gempa bumi, bencana alam lainnya dalam skala besar yang terjadi secara mendadak (Geolink). Bila kita memikirkan kembali sejarah bangsa Indonesia selama ini, ternyata bencana alam sudah menimpa bangsa Indonesia sejak masa dahulu hingga saat ini. Belum lagi sejarah yang lebih jauh yaitu sejarah peradaban manusia yang berawal dari mulai masa dilumpuhkan oleh tsunami 15000 tahun yang lalu hingga kiamat nanti. Kemunculan bencana alam itu sendiri bisa kita lihat dari sudut pandangan ilmuwan, para ahli geologi dan meteorologi. Mereka menyebutnya sebagai fenomena alam yang mempunyai beberapa ciri masing-masing.

Mohammad Heikel Alfafa
081315265522
Mahasiswa Jurusan KPI UIN SGD BDG
Tangerang

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023