Pentingnya Mitigasi Bencana Bagi Masyarakat

Akhir-akhir ini hujan deras disertai angin kencang menjadi perhatian hampir seluruh masyarakat Indonesia. Kekhawatiran akan terulangnya kembali bencana alam seperti banjir, angin topan, pohon tumbang hingga tanah longsor tampaknya menjadi perhatian bagi pemerintah dan juga masyarakat.

Terjadinya bencana alam seperti banjir sebenarnya di luar kendali manusia. Namun demikian, bukan berarti kita akan berdiam diri tanpa adanya upaya penanganan dan langkah penanganan. Apalagi saat ini dunia sedang menghadapi situasi pemanasan global.

Memahami mitigasi bencana dan kepekaan terhadap bencana dapat membantu mengurangi kerugian material dan nonmaterial. Dengan pemahaman tentang pengurangan bencana, diharapkan sebelum bencana terjadi, masyarakat dapat mengambil tindakan yang paling bijaksana untuk bertahan hidup tanpa menimbulkan korban dan meminimalkan kerugian.

Tindakan mitigasi bencana banjir yang paling sederhana, terutama dalam konteks musim hujan tahunan, yaitu selalu membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan.   Karena masalah sampah ini menjadi masalah yang dianggap sepele, tetapi memiliki dampak yang sangat membahayakan. Kita harus menyadari bahwa banjir terjadi karena berawal dari hal-hal sepele seperti membuang sampah sembarangan.

Pengurangan pembangunan rumah di daerah sempadan sungai adalah poin mitigasi penting berikutnya. Karena kepadatan tanah yang tinggi di dekat sungai, maka akan menghambat aliran air, dan sangat rentan terhadap banjir.

Mestinya di sepanjang kali tersebut bukan rumah yang berdiri, akan tetapi pohon-pohon sebagai penguat dan penyerap air. Jika hal ini terjadi, kemungkinan meluapnya air dapat diminimalisir. Demikian pula, dapat mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh banjir.

Oleh karena itu, perlu ditegaskan bahwa pemahaman akan pentingnya mitigasi banjir oleh semua pihak harus diubah dari yang dianggap sepele menjadi faktor urgen dalam menentukan keberhasilan mitigasi bencana.         

Melalui pencegahan banjir dan mitigasi bencana yang serius, kita berharap semua pihak akan selalu siap menghadapi cuaca ekstrem yang selalu ada tiap tahunnya. Kita harus menyikapi bencana dengan bijak melalui manajemen pengurangan bencana yang serius dan sistematis.

 

Trian Bagaskara

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023