Pentingnya Menjaga Toleransi

Toleransi adalah suatu sikap yang saling menghargai kelompok-kelompok atau antar individu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Toleransi adalah suatu perbuatan yang melarang terjadinya diskriminasi sekalipun banyak terdapat kelompok atau golongan yang berbeda dalam masyarakat.

Toleransi ini bisa terlihat jelas pada agama, toleransi agama sering kita jumpai di masyarakat. Adanya toleransi agama menimbulkan sikap saling menghormati masing-masing pemeluk agama. Dan dalam kata lain bahwa sikap toleransi sangat penting karena dengan toleransi lah kita dapat menciptakan sikap saling menghargai antara satu dengan yang lain.

Apalagi sebagai seorang mahasiswa kita harus menanamkan sikap saling toleransi dari sekarang demi terciptanya saling menghargai antar umat beragama dalam lingkup kemahasiswaan.

Manusia merupakan makhluk yang berbeda dengan makhluk hidup lain, mempunyai pikiran, akal, dan perasaan Namun, dengan segala pikiran, akal dan perasaannya manusia tidak dapat hidup sendiri.

Manusia membutuhkan orang lain atau manusia lain dalam hidupnya. Oleh karena itu manusia disebut makhluk sosial. Dan akibat dari pergaulannya dengan manusia lain, maka kehidupannya tidak selalu berjalan mulus. Beberapa diantaranya akan timbul persinggungan dan gesekan dengan manusia lain.

Karena setiap manusia pada dasarnya unik, dan tidak bisa disamakan. Untuk menghindari persinggungan atau gesekan dengan orang lain atau kelompok masyarakat lain atau dalam kalangan mahasiswa, maka dikembangkan sikap hidup toleransi. Sikap yang harus dimiliki setiap manusia bila ingin hidupnya berhasil di tengah – tengah masyarakat. Sikap toleransi ini juga hadir karena keanekaragaman manusia, baik secara fisik,akal perasaan,pendapat,hingga perbedaan suku,warna kulit,ras dan agama.

Maka dari itu bergandeng tanganlah agar kita bisa menjadi masyarakat dan juga mahasiswa-mahasiswa yang berkarakter dan melakukan sikap toleransi antar agama saya mempunyai satu kata-kata "Sikap Toleransi tumbuh dari masing – masing individu untuk memberikan nilai di masyarakat".

 

Muhammad Farhan Yazid

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023