Semarakkan Maulid Nabi, DKM Baitul Muttaqien Ajak Warga Baca Al-Barzanji

Dakwahpos.com.Bandung- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baitul Muttaqien mengajak warga Permata Biru semarakkan maulid Nabi Muhammad saw. 1445 H. dengan mengadakan pembacaan Al-Barzanji. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh ketua DKM Baitul Muttaqien Cinunuk beserta para imam muda masjid pada hari Kamis malam (28/09/2023).

Rangkaian acara ini dimulai setelah salat isya berjemaah, kemudian dilanjutkan dengan tawasulan dan barulah diadakan pembacaan Al-Barzanji. Pada saat pertengahan berlangsungnya acara, semua jemaah diimbau untuk berdiri, hal itu disebut dengan Mahallul Qiyam. Pada saat inilah pembacaan selawat dikumandangkan dengan khusyuk dan penuh khidmat. Setelah itu, acara ditutup dengan pembacaan doa bersama.

"Biasanya pada malam Jumat seperti ini kami adakan pembacaan surah yasin bersama. Akan tetapi berhubung hari ini bertepatan dengan maulid Nabi Muhammad, maka kita ubah agendanya menjadi pembacaan Al-Barzanji," ujar Ustaz Nando selaku imam masjid.

Kegiatan ini diikuti antusias oleh puluhan jemaah ikhwan dan akhwat dari kalangan anak-anak hingga dewasa. Ustaz Nando menyampaikan bahwa pembacaan Al-Barzanji ini diadakan untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad saw.

"Dengan pembacaan Al-Barzanji ini kita semua mengenang dan meneladani sirah kehidupan baginda Rasulullah saw. mulai dari beliau lahir hingga wafat. Dengan demikian, pada momentum ini mari kita tumbuhkan rasa cinta kita kepada Nabi Muhammad dengan cara meneladani sikap dan perilaku beliau," ucap Ustaz Nando.

Reporter: Muhammad Syahru Ramadhan, KPI/3B
( Hide )

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023