Khotbah Jumat Masjid Baitul Muttaqien Cinunuk: Jangan Fobia Dengan Pesantren

Dakwahpos.com, Bandung – Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baitul Muttaqien Cinunuk menyelenggarakan ibadah salat jumat membahas mengenai transformasi dan kontribusi santri di zaman modern. Salat Jumat kali ini dipimpin oleh Ustaz Faisal Fikri dan dihadiri oleh ratusan jemaah dari lingkungan Komplek Permata Biru pada hari Jumat (20/10/2023).

Dalam khotbahnya, beliau menyampaikan bahwa dalam dua hari ke depan akan diperingati hari Santri nasional, sehingga itu menjadi alasan beliau membawakan materi khotbah mengenai ke-santrian. Beliau juga menyampaikan bahwa santri di zaman sekarang ini, bukan hanya belajar agama saja, tetapi juga mempelajari ilmu umum.

"Santri adalah mereka yang punya literasi yang tinggi, dunia baca yang sangat tinggi, karena hampir 24 jam digunakan untuk membaca. Sehingga pengetahuannya semakin banyak dan semakin kokoh terutama di bidang keagamaan. Tetapi hadirin sekalian, di zaman sekarang ini santri bukan hanya mempelajari kitab kuning saja, tapi juga dikolaborasikan dengan pendidikan formal. Sehingga pondok pesantren memiliki kontribusi penting dalam ikut serta mencerdaskan bangsa," ungkap Ustaz Faisal.

Kemudian, beliau juga menyampaikan bahwa jangan sampai jemaah yang hadir memfobiakan anak-anaknya terhadap pesantren. Akan tetapi doronglah mereka untuk hadir ke dalamnya agar mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.

"Kita sebagai orang tua, jangan sampai memfobiakan anak-anak kita untuk hadir di pesantren, tapi doronglah mereka untuk masuk ke dalamnya. Sebagai orang tua, mungkin kita tidak tega, sedih atau bahkan menangis ketika diawal meninggalkan mereka. Tetapi tangisan itu hanya sementara, besok lusa dan seterusnya mungkin tangisan itu sudah terlupakan dan bahkan sudah berubah menjadi kebahagiaan, dan kebahagiaan itu akan terus berlangsung hingga yaumul jaza," ujar Ustaz Faisal.


Reporter: Muhammad Syahru Ramadhan, KPI 3/B

( Hide )

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023