Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bencana Gempa Bumi Cianjur Jadikan Musibah

Rabu, 28 Desember 2022 | Desember 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-28T16:10:21Z

oleh Muhamad Ardiansyah 

Bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur pada tanggal XX harus dijadikan sebagai muhasabah bagi kita semua. Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang tidak dapat diprediksi dan tidak dapat dicegah, tetapi kita masih bisa mempersiapkan diri agar tidak terlalu terdampak parah.

Pertama, kita harus selalu siap dan waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa bumi. Kita harus tahu bagaimana cara bertindak dengan benar saat terjadi gempa bumi, seperti berlindung di bawah meja atau di sudut ruangan yang kokoh. Kita juga harus memahami tanda-tanda yang dapat menandakan akan terjadinya gempa bumi, seperti getaran tanah yang terasa lemah atau lampu yang berkedip-kedip.

Kedua, kita harus mempersiapkan diri dengan cara menyimpan makanan dan air yang cukup untuk beberapa hari, serta memiliki alat-alat pertolongan pertama seperti obat-obatan dan peralatan pertolongan pertama lainnya. Kita juga harus memiliki rencana evakuasi yang jelas dan memahami rute-rute evakuasi yang tersedia.

Ketiga, kita harus terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengurangan risiko bencana. Ini bisa dilakukan dengan cara membangun rumah dan bangunan lainnya dengan teknik yang sesuai dengan standar kekuatan gempa, serta memperkuat infrastruktur yang ada agar lebih tahan terhadap gempa.

Dengan demikian, bencana gempa bumi di Cianjur harus dijadikan sebagai muhasabah bagi kita semua untuk selalu waspada dan siap sedia menghadapi bencana alam yang tidak dapat diprediksi. Kita harus terus belajar dan mempersiapkan diri agar tidak terlalu terdampak parah saat terjadi bencana seperti gempa bumi.


by Muhamad Ardiansyah, Mahasiswa KPI (Komunikasi Penyiaran Islam ) UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

×
Berita Terbaru Update