Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Perilaku Pengguna Jalan Yang Membentuk Adab dan Budaya.

Kamis, 27 Oktober 2022 | Oktober 27, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-27T02:46:19Z

Oleh : Pradiza Adzhani Awanis

Sebagai masyarakat yang baik tentu perlu rasa tanggung jawab dalam setiap perbuatan nya, dalam hal ini para pengguna jalan perlu memperhatikan berbagai aspek sosial. begitupun tentang kesadaran akan penting nya keselamatan maupun ketaatan berlalu lintas. agar terjadinya ketertiban dan kenyamanan bagi seluruh para pengguna jalan.

Sikap maupun prilaku para pengguna jalan yg marak terjadi disekitar kita bisa membuat orang di sekitar kita mengikuti prilaku buruk tersebut. meskipun banyak langkah yang sudah dilakukan diantara nya penggunaan CCTV untuk tilang elektronik kendaraan sebagai langkah pencegahan tetapi itu saja belum cukup.

Kurang nya rasa peduli terhadap sesama pengguna jalan mengurangi ketakutan mereka terhadap hukum yang berlaku. efesiensi waktu adalah alasan yg sering terjadi bagi para pengguna jalan, mulai dari pelanggaran lampu merah, trotoar yang menjadi jalan pintas dalam kemacetan dan lain sebagainya.

Pelanggaran kecil mungkin sejati nya dapat membuat dampak yang besar, karna adab seseorang mempengaruhi kejiwaan orang lain nya. sehingga di masyarakat terbentuklah budaya baru yaitu pelanggaran lalu lintas yang dianggap wajar dalam kebiasaan sehari-hari.

Tentu nya kita berharap kejadian seperti ini tidak terus terjadi, dan dengan adanya himbauan maupun upaya lain nya yang dibuat oleh pemerintah dapat mengurangi pelanggaran tersebut. begitupun dengan banyaknya pemberitaan tentang kasus kecelakaan yang terjadi menjadikan pembelajaran tentang penting nya kesadaran berlalu lintas.


Pradiza Adzhani Awanis, Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung
×
Berita Terbaru Update