Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pentingnya Budaya Saling Menghargai Hilangkan Arogan di Jalanan

Kamis, 27 Oktober 2022 | Oktober 27, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-27T02:50:50Z




Harus kita akui bahwa setiap pengguna jalan tentunya memiliki prilaku berbeda-beda dalam mengendarai kendaraanya. Ada tipe pengguna jalan yang ta'at lalu lintas dan ada pula pengguna jalan yang sama sekali hanya memikirkan dirinya, dan bersikap apatis kepada pengguna jalanan lainya. Hal ini memacu polisi baik warga masyarakat kerap kali merasa geram. Selain terasa kurang nyaman dilihat, sikap aroganpengguna jalan kerap memperparah kemacetan.

Adapun beberapa faktor penyebab pengguna jalan bersikap arogan biasanya di mulai dari faktor individu pengguna jalan, sesuai dengan psikologi klinis dari Personal Growth, Veronica Adesla, ia mengatakan bahwa sikap arogan muncul ketika seseorang mendapat power. Selain itu ada faktor kelompok yang kerap memunculkan sikap arogan, menurut psikolog klinis dari Pro Help Center, Nuzulia Rahma, adanya ikatan psikologis yang kuat antar anggota kelompok bisa memicu suatu perilaku massa.


Maksudnya, jika ada beberapa orang dalam kelompok tersebut yang terpancing emosi, maka ini bisa menular ke anggota lainnya, yang pada akhirnya memunculkan perilaku massa. Terakhir, faktor situasi kerap mendorong seseorang bersikap arogan di jalanan, misalnya pengendara sepeda motor konvoi di jalanan.


Sopia Nindia Anggraeni, Mahasiswa KPI UIN Bandung
×
Berita Terbaru Update