Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Waspadai Kecelakaan Lalu Lintas di Musim Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:52:28Z

Waspadai Kecelakaan Lalu Lintas di Musim Pancaroba


Memasuki pada masa pancaroba atau peralihan musim tahun 2021, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau untuk meningkatkan kewaspadaan.


Angin puting beliung, banjir, banjir bandang, genangan air, pohon tumbang, jalan yang licin, dan tanah longsor  sangat berpotensi terjadi di musim pancaroba. Bahkan bencana alam tersebut diberbagai tempat  banyak terjadi di jalan lalu lintas yang menyebabkan kemacetan jalan atau bahkan terjadinya banyak kecelakaan lalu lintas.


Bencana alam seperti pohon tumbang yang menghalangi jalan, hujan menyebaby banjir dengan debit air yang tinggi sehingga jalan raya tidak dapat digunakan lalu lintas kendaraan, serta tanah longsor yang menutupi jalan, selain itu saat musim hujan, jalan raya menjadi licin dan menyebabkan pengendara rawan jatuh tergelincir.


Perubahan cuaca yang signifikan disebabkan oleh arah angin yang masih bervariasi serta berpindah-pindah yang berdampak angin kencang serta petir di wilayah landai. Bahkan di satu daerah bisa terjadi dua bencana yang sangat bertolak belakang seperti, di satu tempat banjir di tempat yang lain terjadi kebakaran hutan. 


Oleh karena itu, pemerintah daerah mesti segera mengambil tindakan yang tepat untuk mempersiapkan berbagai bencana yang bisa saja terjadi. Namun tidak hanya pemerintah, perlunya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan juga diperlukan. Seperti yang rumahnya dekat dengan aliran sungai atau bendungan untuk tidak buang sampah sembarang. Perlunya kehati-hatian bagi pengendara mobil dan motor dalam mengendarai kendaraan dimanapun dan kapanpun apalagi dimusim pancaroba yang rawan terjadi hujan dan badai.


×
Berita Terbaru Update