Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Waspada Penyakit Musim Pancaroba Saat Pandemi

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:15:22Z

Sejumlah wilayah Indonesia telah memasuki musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Masyarakat diharapkan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan selalu menjaga kesehatan kondisi tubuh terhadap adanya musim pancaroba apalagi di saat pandemi Covid-19.

Musim pancaroba ini biasanya ditandai dengan cuaca ekstrem. Cuaca ekstrem yang terjadi biasanya seperti hujan deras disertai angin kencang dan petir, bahkan terjadi hujan es beserta angin badai. Perubahan cuaca yang cenderung tidak menentu ini, membuat kondisi cuaca berubah-ubah dari panas ke hujan ataupun sebaliknya.

Perubahan cuaca yang tidak menentu membuat daya tahan tubuh menjadi lemah, sehingga dapat meningkatkan risiko seseorang lebih mudah untuk terkena penyakit. Perlu diingat juga, bahwa virus Covid-19 mudah menyerang seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Tetapi tidak berarti semua orang akan terkena penyakit di musim pancaroba ini, karena setiap orang mempunyai daya tahan tubuh yang berbeda-beda tergantung kondisi kesehatannya.

Penyakit yang perlu diwaspadai saat musim pancaroba ini selain virus Covid-19 yaitu demam berdarah, chikungunya, influenza, dan penyakit pada saluran pencernaan. Penyakit ini biasanya muncul karena disebabkan oleh virus dan bakteri yang berkembang dengan cepat.

Oleh karena itu, supaya tidak mudah terkena penyakit setiap orang diharapkan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan menjaga kebersihan serta menerapkan pola hidup sehat. Apalagi di saat pandemi Covid-19 yang belum berakhir di Indonesia.

Oleh: Winna Herawati
Mahasiswa KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update