Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Waspada Badai Penyakit Menyerang di Musim Pancaroba

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T03:14:16Z

Indonesia merupakan negara dengan kondisi geografis yang menguntungkan karena letaknya yang strategis yaitu berada pada titik persilangan dua benua dan dua samudera. Karena letak geografisnya Indonesia beriklim tropis, yang dimana perubahan iklim dan cuacanya dipengaruhi oleh angin musim yang menyebabkan Indonesia memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Perubahan cuaca di Indonesia biasanya terjadi dua kali yaitu pada bulan Oktober hingga bulan September dan bulan Maret hingga bulan April. Musim pancaroba ini biasanya ditandai dengan perubahan cuaca yang tidak teratur, kadang panas, angin yang tidak teratur, hujan dengan skala intensitas tinggi, hujan es, yang menyebabkan tubuh kita harus menyesuaikan diri dalam waktu yang cepat.

                Pada musim pancaroba ini banyak sekali virus dan bakteri yang berkembang biak secara cepat. jika tubuh kita tidak fit maka tidak diherankan lagi kita akan terdampak penyakit dari perubahan cuaca ini. Penyakit yang banyak menyerang pada musim pancaroba ini adalah Influenza, Diare, Radang Tenggorokan, Demam Berdarah Dangue (DBD), dan lain-lain.

                Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah diri dari badai penyakit di musim pancaroba ini, salah satunya adalah dengan berolahraga secara rutin, karena dengan berolahraga secara rutin tubuh kita akan menghasilkan metabolisme tubuh yang kuat, tidak lupa dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

                Jika kita tidak protektif terhadap kesehatan tubuh kita sendiri siapa lagi yang akan menjaga kita selain diri kita sendiri, perbanyak minum air putih, makan teratur, atur diri agar tidak stress, dan mengonsumsi vitamin tambahan.

 

 

Febrina Nurul Hidayah

Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat

Alamat rumah: Dusun Haurduni RT.01/RW.05 Nomor 2 Desa Maja Utara Kabupaten Majalengka

Nomor hp : 0895636886795

Email : febrinanh10@gmail.com

×
Berita Terbaru Update