Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Upaya Meningkatkan Sikap Yang Baik Di Ruang Digital

Senin, 13 Desember 2021 | Desember 13, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-12T17:14:31Z

Dunia digital sama seperti dunia nyata, ada norma-norma, tata krama yang meski tidak tertulis tapi harus kita terapkan, disamping ada Undang-Undang yang mengatur pengguna dunia   maya untuk lebih bijak memakainya.

Media social memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesehatan mental kita. Jika kita terlalu sering melihat akun orang lain itu juga bisa membuat pikiran kita tak sehat. Karena kadang muncul rasa kecemburuan sosial saat kita melihat akun orang lain yang lebih mewah dan bagus.

Menggunakan media digital juga penting buat kita karena untuk menjaga etika yang ada, dan jangan membedakan dunia digital dengan dunia maya. Karena kita ita harus bisa dapat menyaring suatu berita atau informasi yang kita dapatkan dengan sebaik dan seakurat mungkin. Kalau beritanya belum valid dan masih simpang siur cukup berhenti dikita dulu jangan disebarkan ke orang lain. Dan pastikan juga kita mendapatkannya dari sumber yang terpercaya dan kredibel.

Kita bisa menerapkan atau mengamalkan suatu kebudayaan kita di media sosial dengan cara meningkatkan branding kita dengan berbagi sesuatu yang bermanfaat dan sekaligus memperkenalkan budaya kita ke kancah internasional. Jauhi akun-akun medsos yang berdampak buruk atau menjadi toxic buruk bagi diri kita sendiri.

Sebagai warga negara Indonesia dan juga pengguna media digital, kita harus mampu memahami nilai-nilai dasar yang ada dalam Pancasila dalam berinteraksi di dunia nyata maupun digital. Boleh kita mengikuti perkembangan zaman yang ada, tapi tetap nilai-nilai yang ada dalam Pancasila tidak boleh terlupakan sebagai cerminan berkewarganegaraan Indonesia yang baik, berbudaya, dan beretika.


Safinatunnajah

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat


×
Berita Terbaru Update