Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Toleransi Sebagai Kunci Utama Perbedaan di Indonesia

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T06:57:45Z


Toleransi adalah salah satu sikap manusia untuk saling menghormati satu sama lain serta menghargai perbedaan, baik itu perbedaan antarindividu ataupun kelompok. Dengan adanya toleransi yaitu untuk mendamaikan segala keberagaman dan menghilangkan konflik maupun perpecahan.

Toleransi sangat penting diterapkan di negara kita. Karena toleransi merupakan kunci utama sebuah perbedaan. Di Indonesia pun terdapat enam agama. Sesuai dengan semboyan negeri kita yaitu "Bhinneka Tunggal Ika" atau ya
ng biasa diartikan sebagai berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Maka, toleransi menjadi kunci utama bagi masyarakat Indonesia.

Sikap kita untuk menjunjung tinggi toleransi dalam kehidupan sehari-hari yaitu tidak memaksakan orang lain untuk menganut agama kita, tidak menghina agama lain, tidak mengganggu orang yang menganut agama lain yang sedang beribadah.

Tak hanya persoalan mengenai agama, di Indonesia pun banyak suku dan ras yang pastinya setiap suku berbeda adat istiadatnya. Tiap daerah pun berbeda tradisi dan juga bahasa. Contoh mengenai toleransi yaitu Aceh yang selalu identik dengan syariat Islamnya, maka bagi orang yang non-muslim sebaiknya memakai pakaian yang menutup jika sedang berada di Aceh.

Perbedaan agama, suku, dan ras bukanlah masalah besar dalam membangun persatuan bangsa Indonesia. Namun masih banyak orang yang minim pengetahuan tentang toleransi. Dan itu akan berakibat fatal bahkan dapat menimbulkan konflik. Maka, mengajari anak sejak dini mengenai pentingnya bertoleransi merupakan bukti menjunjung tinggi nilai toleransi agar kelak ia tidak akan membandingkan dirinya dengan orang lain.

Alifia Nabila
Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati 
Bandung-Jawa Barat
×
Berita Terbaru Update