Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Toleransi Antar Umat Beragama

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T13:32:12Z

Manusia adalah mahluk individu dan mahluk sosial, sebagai mahluk sosial manusia memiliki toleransi kepada orang lain dalam urusan apapun, karena meskipun manusia adalah mahluk individu, manusia tidak akan bisa selalu sendirian, manusia akan selalu memiliki kebutuhan dengan orang lain, maka dari pada itu toleransi sangat di butuhkan untuk kelangsungan hidup manusia.

Toleransi antar umat beragama adalah adanya sikap yang ditunjukan dengan perilaku, perbuatan dan gerakan secara fisik untuk menghargai pendapat orang lain mengenai pemikiran dalam memilih keyakinan antar individu.

Setiap agama pasti menganjurkan untuk saling menghargai, seperti di agama saya yaitu islam, untuk urusan sosial agama islam sangat menganjurkan untuk menghargai pendapat orang lain, tidak memandang suku, ras maupun agama bahkan ada ancaman keras bagi siapa saja yang tidak menjaga toleransi antar umat beragama.

Setiap agama tentu mengajarkan perihal kebaikan kepada umatnya. Tidak ada agama yang mengajarkan umatnya untuk hidup bermusuhan dengan sesama manusia. Hal ini sebagaimana tercantum dalam Al-Qur'an  surat Ali- Imron ayat 103, yang artinya: "Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu Karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu Telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk."

Oleh karena itu, dengan menjaga kerukunan antar sesama manusia dan menghindari dari perbuatan bercerai berai akan dapat menambah nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, dan hal itu tentu saja akan semakin mempertebal keimanan yang dimiliki oleh seseorang. Tentunya dalam semua agama sikap saling toleransi akan membuat hamba tersebut semakin dekat dengan Tuhan-nya dan tentunya jaminan atas surga atas ketaatannya tersebut.

 

Nadiya Nadha Fakhira

Cibiru Hilir, Bandung, Jawa Barat

081573828404

nadiyanadhafakhira@gmail.com



×
Berita Terbaru Update