Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tetap Aktif Bekerja Meski Pancaroba Melanda

Rabu, 15 Desember 2021 | Desember 15, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-14T23:47:19Z

Pancaroba atau peralihan musim dapat memicu datangnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh kondisi cuaca ekstrem yang tidak menentu seperti hujan dan panas secara tiba tiba dan suhu yang berubah secara derastis, angin kencang, petir, dan lain sebagainya. Hal penting yang perlu diperhatikan saat musim pancaroba tiba yaitu menjaga kesehatan tubuh. Apalagi bagi yang sering melakukan aktivitas diluar rumah dan berkerja seharian penuh, beberapa penyakit akan datang menggangu. 

Orang yang selalu aktif bekerja harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat agar tidak mudah terkena penyakit. Sebagai pekerja kita harus mengetahui dengan benar cara apa saja yang membuat daya tahan tubuh tetap kuat dan sehat. Jika kesehatan terganggu, pekerjaan pun akan terbengkalai karena kurangnya konsentrasi serta akan mempengaruhi masalah finansial lainnya. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan tetap aktif bekerja saat musim pancaroba yaitu, tidak lupa mencuci tangan setelah dan sebelum beraktivitas. Saat beraktivitas bagian tubuh yang sering digunakan yaitu tangan yang tanpa disadari pencemaran kuman akan mudah tersebar. Pastikan sesalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir agar tetap bersih apalagi di masa pandemi covid-19. 

Selain itu perhatikan kebersihan area kerja. Penyakit infeksi seperti malaria, demam,diare dan lain sebagainya sering muncul saat musim pancaroba. Menjaga kebersihan di area kerja dapat dilakukan dengan membersihkan barang-barang yang menumpuk di area kerja karena bisa menjadi sarang nyamuk dan membuat ruangan terlihat tidak rapi ditambah banyak debu. Bersihkan sisa-sisa sampah terutama sampah bekas makanan untuk mencegah lalat atau serangga lainnya yang berterbangan yang membawa virus dan bakteri. 

Pentingnya menjaga imunitas daya tahan tubuh dengan makan makanan yang sehat dan bergizi, asupan suplemen atau vitamin, perbanyak minum air putih, olahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup. Selama musim pancaroba, kesehatan harus benar-benar diperhatikan mulai dari hal terkecil. Dengan menjaga kesehatan dan ketahanan imunitas tubuh maka segala aktivitas pekerjaan tidak akan terlewatkan begitu saja.


Rio Mughni Firdaus 
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
×
Berita Terbaru Update