Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tanda Allah Kabulkan Doa

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T08:54:10Z

Doa merupakan kegiatan yang sudah menjadi kebiasaan seluru manusia khususnya umat muslim. Berdoa juga menjadi bentuk ikhtiar serta usaha untuk memohon dan meminta kepada Allah SWT, tentu dalam islam berdoa dapat bernilai ibadah. Umat muslim minimal 17 kali dalam sehari meminta kepada Allah dalam bacaan sholatnya, "اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ", Tunjukilah kami jalan yang lurus. Jalan apa yang lurus? Lalu Allah menjawab di ayat selanjutnya.

Jalan itu adalah "Jalan mereka yang jalan mereka yang telah Engkau karuniakan nikmat kepadanya; bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat". Dan menurut para mufasir, jalan itu adalah jalannya para Nabi, syuhada, shiddiqin, dan salihin. Itulah jalan yang selalu diminta umat muslim.

Allah Swt. berfirman dalam Al-Qur'an bahwasannya Allah sangat dekat dengan dan akan mengabulkan doa-doa hamba-hamba-Nya.

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran."

Seperti kisah para Nabi yang melawan para tiran yang dzalim, didustai bahkan disiksa manusia. Begitupun jalan para syuhada, shiddiqin dan shalihin yang penuh kesulitan dalam taat. Meminta jalan yang lurus berarti meminta jalan yang penuh dengan kesulitan.

Namun tidak semua doa dapat Allah kabulkan, seperti memohon kepada Allah agar diberi harta dan kekayaan yang berlimpah untuk anaknya. Akan tetapi Allah Maha Mengetahuinya dan tidak melihat kebaikan dalam doa tersebut. Yakni, kekayaan dan harta yang dimintanya dapat memalingkan anak-anaknya kepada Allah Swt.

Oleh karena itu, jika umat muslim merasa tidak nyaman dalam meneguhi jalan ketaatan, itu hanya salah satu sunnah Rasulullah Saw. Sebab, jalan yang diminta oleh para umat muslim yaitu jalan seperti Rasulullah. Semua umat muslim mengharapkan kelak Rasulullah Saw. akan mengenali umatnya sebab mengerahkan upaya yang terbaik meniru beliau. Yaitu tetap tegak melawan kedzaliman dalam jalan yang taat.

Seperti dalam hadits Thabrani dikutip dari buku berjudul Mutiara Mukmin Milenium
oleh Ramadha Tsulatsi Hajar, M.Pd abhwa Allah mempunyai cara dalam mengabulkan doa hamba-Nya.

"Tiada seorang berdoa kepada Allah dengan suatu doa, kecuali dikabulkan oleh-Nya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah serupa." (HR Thabrani).

Tanda Terkabulnya doa yang dikutip dari buku Kumpulan Doa dari Al Quran dan As Sunnah yang Shahih karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas:

Pertama, adanya perasaan takut kepada Allah Swt. Takut kepada Allah SWT adalah sifat orang yang bertakwa, dan juga merupakan bukti berimannya seseorang kepada Allah SWT. Kedua, bertambah semangat dalam beribadah. Ibadah merupakan jembatan antara hamba dan Rabb-Nya, karena semakin kuat jembatan itu, maka semakin melimpah rahmat serta kasih sayang Allah SWT kepad hamba-nya. Ketiga, jiwa yang menjadi tentram dan yang terakhir, yakin akan dikabulkannya doa.

Wallahu a'lam bissawab.

Aisyah Azizatunnida

Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update