Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Persiapkan Diri Agar Terhindar Penyakit Musim Pancaroba

Selasa, 14 Desember 2021 | Desember 14, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-13T18:55:16Z

Musim pancaroba merupakan musim peralihan dari satu musim ke musim yang lain. Peralihan musim ini biasanya terjadi pada bulan Oktober-Desember yang mana merupakan peralihan dari musim hujan ke musim kemarau sementara itu dari bulan maret hingga April merupakan masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Musim pancaroba sendiri biasanya ditandai dengan beberapa ciri seperti angin yang kencang, putting beliung, udara yang terasa panas, angin yang tidak teratur dan lain sebagainya. 

Dalam menghadapi peralihan musim seperti ini alangkah lebih baiknya jika kita lebih menjaga kesehatan diri dan kebersihan lingkungan sekitar. Karena hal tersebut merupakan bentuk usaha untuk menghindarkan diri dari penyakit yang biasanya sering muncul di musim pancaroba dan bisa mengancam kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Penyakit yang sering terjadi di masyarakat pada musim pancaroba diantaranya adalah Demam Berdarah Dengue, yang mana jumlahnya bisa meningkat pada musim peralihan terutama awal memasuki musim penghujan karena virus dengue sendiri akan berkembang pada musim hujan. Selain itu juga musim peralihan ini tak sedikit orang yang terpapar infeksi saluran pernapasan biasanya menyerang anak-anak, karena imun nya yang belum kuat. 

Melihat hal tersebut ada beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk meningkatkan imun agar membuat tubuh lebih responsive terhadap zat asing dan atibodi yang dihasilkan untuk melawan pathogen pun akan lebih kuat. Untuk meningkatkan imun tersebut maka dibutuhkan cara yaitu dengann minum air putih yang cukup, tidur yang cukup, olahraga yang teratur, makan makanan yang sehat dan bergizi. 

Oleh sebab itu alangkah lebih baiknya bila kita melakukan upaya pencegahan dalam menghadapi musim pancaroba. Meskipun penyakit musim pancaroba ini tidak berbahaya tetapi alangkah lebih baiknya apabila kita mencegah dari pada mengobati.




Dewi Sri Hardiani

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat.

Jl.Cipadati, Cinunuk, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

0895608832781

dewisrihardiani29@gmail.com


×
Berita Terbaru Update