Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peduli dan Patuhi Aturan Karantina

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:27:23Z

Pandemi Covid-19 belum seutuhnya berakhir, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melakukan beberapa perubahan terhadap sebuah aturan tentang perjalanan internasional yang salah satu isinya tetang perubahan karantina yang awalnya 8 hari menjadi 5 hari. Mematuhi aturan karantina selama pandemi tidaklah sulit bagi seseorang yang patuh akan peratuaran. Namun apakah semua warga Indonesia merupakan orang yang patuh terhadap aturan?

 

Karantina menurut CDC yaitu sebuah usaha memisahkan gerakan seseorang yang terpapar dengan suatu penyakit baik belum bergejala maupun sudah untuk menghentiksn penyebaran penyakit. Karantina ini hanya sekedar pemantauan kondisi seseorang setelah berpergian dari luar wilayah yang kemungkinan terpapar sebuah virus Covid-19. Karantina ini akan berjalan baik jika seseorang dapat mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Namun karantina akan berjalan sulit bagi seseorang yang mudah melanggar sebuah aturan.

 

Sebenarnya dalam kegiatan karantina baik untuk mencegah penularan virus Covid-19. Dalam kegitan karantina terutama ketika kita melakukan karantina mandiri yang dilakukan dirumah, dapat menambah sebuah keharmonisan yang terjadi di keluarga.

 

Namun untuk mereka yang melakukan karantina ditempat yang telah ditentukan, nikmati saja. Karena dalam kegiatan karantina setelah kita berpergian jauh dan tidak bertemu dengan keluarga sampai waktu yang terlah ditentukan dengan hasil tes negatif, disanalah manfaat araantina untuk saling melindungi satu sama lain. Jika kita tidak menaati aturan karantina yang telah ditetapkan, kita tidak akan tahu apakah kita membawa sebuah bahaya virus kepada orang lain atau tidak.

 

Mentaati peratuaran untuk melindungi sesama manusia dengan melakukan karantina sangatlah diharuskan. Jangan sampai kita egois dan acuh terhadap kesehatan orang lain. Karena dalam kegiatan karantina kita dapat melindungi orang yang kita cintai dari bahaya virus Covid-19.

 

Oleh: Sindy Maulia Herdiyanti

Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

 

Sent from Mail for Windows

 

×
Berita Terbaru Update