Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Patuhi Karantina Kesehatan Untuk Keselamatan

Rabu, 15 Desember 2021 | Desember 15, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-14T23:50:50Z


       Pandemi Covid-19 di Indonesia belum selesai. Setiap masyarakat tentu harus menerapkan segala peraturan dan protokol kesehatan yang terdiri dari menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Hal ini ditujukan untuk mencegah penyebaran serta penularan Covid-19. 

       Selain menerapkan protokol kesehatan, melakukan vaksinasi juga diharuskan. Bahkan saat ini seseorang harus membuktikan telah melakukan vaksinasi untuk bisa bepergian ke suatu tempat. Lebih dari itu pemerintah juga telah menegaskan aturan karantina kesehatan terkait Covid-19 yang berlaku bagi seluruh masyarakat yang melakukan perjalanan internasional.

       Karantina memang perlu ditegaskan dan diterapkan karena sebagai upaya tindakan pencegahan terhadap penyebaran dan penularan Covid-19. Saat seseorang melakukan perjalanan dari Indonesia ke luar negeri tentu sudah melakukan pengecekan kesehatan terlebih dahulu dan dipastikan negatif Covid-19.
 
       Oleh karena itu, setiap warga Indonesia yang kembali dari perjalanan luar negeri harus melakukan karantina kesehatan. Kita tidak tahu seseorang yang telah kembali dari perjalanan tersebut apakah statusnya tetap negatif Covid-19 atau sebaliknya. Dengan adanya penerapan karantina kesehatan maka akan dapat diperiksa sekaligus ditangani langsung jika seseorang tersebut berstatus positif Covid-19.

       Aturan karantina kesehatan bagi para pelaku perjalanan internasional yang kembali ke Indonesia, bisa dijadikan sebagai tempat istirahat sejenak sebelum memulai kembali aktivitas di luar. Bagi sebagian orang mungkin akan merasa jenuh menjalankan karantina ini, namun kita bisa mengelola aktivitas kita agar tidak membosankan salah satunya dengan tetap bersosialisasi walaupun lewat media sosial. 

       Dengan mematuhi aturan pemerintah dengan menjalankan karantina kesehatan, maka kita telah melakukan upaya pencegahan penularan Covid-19 terhadap orang-orang di sekitar kita. Karantina kesehatan juga sebagai bukti bahwa kita menyayangi diri kita dan orang-orang di sekitar kita agar tetap selalu dalam kondisi sehat dan selamat.


Ayu Sri Wahyuni
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat.
×
Berita Terbaru Update