Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pancaroba Wilayah Tropis

Sabtu, 18 Desember 2021 | Desember 18, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-18T03:20:59Z

Indonesia adalah salah satu negara yang yang memiliki iklim tropis. Iklim tropis dibagi menjadi dua sesuai dengan keadaan alam di daerah tersebut. Yang pertama adalah daerah tropis yang kering dan yang kedua adalah iklim lembab. Iklim ini memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Musim kemarau biasanya dimulai dari bulan Maret sampai dengan bulan Agustus. Sedangkan musim hujan dimulai antara bulan September sampai dengan bulan Februari.

BMKG memperingati kepada wilayah-wilayah di Indonesia yang mungkin berpotensi terkena cuaca ekstrim seperti hujan lebat, angin puting beliung dsb agar selalu berhati-hati dan bersiap-siap dalam Pancaroba ini.

BMKG menambahkan sebagian wilayah di Indonesia diperkirakan akan mengalami awal musim hujan 2021/2022. Kondisi tersebut meyatakan bahwasanya akan memasuki masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Memasuki pancaroba dari musim kemarau ke musim hujan akan merubah suhu dan kelembapan udara yang akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Seperti halnya flu, demam berdarah dsb.

Penyakit-penyakit tersebut adalah bukti bahwa masyarakat harus mempersiapkan untuk menghadapi musim pancaroba ini agar dapat menjaga imun dan Kesehatan tubuh. Untuk menjaga imun tubuh, masyarakat diharuskan untuk berolahraga yang cukup, banyak minum air putih, mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan seimbang, dan juga mengkonsumsi vitamin.

Maka dari itu, masyarakat dianjurkan untuk selalu berhati-hati dan mempersiapkan tubuh agar dapat menjalani aktivitas pada musim pancaroba ini.

Muhammad Fikri Salam

Mahasiswa KPI UIN

Sunan Gunung Djati

Bandung, Jawa Barat

085794130855

fikrisalam666@gmail.com

×
Berita Terbaru Update