Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pancaroba Datang Masyarakat Indonesia Dihimbau untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Senin, 13 Desember 2021 | Desember 13, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-12T17:15:29Z

Pancaroba Datang, Masyarakat Indonesia Dihimbau Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Perubahan cuaca atau yang sering disebut dengan pancaroba adalah perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya. Sehingga mengakibatkan iklim dan cuaca menjadi ekstrim. 

Dilansir dari Wikipedia.com, bahwa pancaroba adalah peralihan musim dari musim hujan dan musim panas yang terjadi setiap tahunnya.
Pancaroba juga disebut dengan cuaca yang sangat ekstrim. Bagaimana tidak, peralihan atau perubahan cuaca dari Musim kemarau ke musim pengghujan, mengakibatkan berubahnya suhu udara dan iklim, tidak hanya itu, hewan-hewan seperti nyamuk dan lalat itu sangat mudah untuk berkembang biak dengan cepat, sehingga dapat menjangkit atau menyebabkan penyakit.

Ada beberapa tanda atau ciri datangnya musim pancaroba, yaitu adanya frekuensi tinggi yang mengakibatkan suhu udara meningkat, badai, dan hujan yang sangat deras disertai petir, guntur dan angin kencang, sehingga banyak aktivitas masyarakat terganggu karena disebagian tempat yang terkena musibah banjir, longsor, badai dahsyat, dan lainnya yang menimpa berbagai wilayah dibelahan dunia. 

Selain itu juga, banyak masyarakat yang menderita penyakit, selain karena takdir tuhan penyakit tersebut juga disebabkan oleh perubahan cuaca dan iklim menjadi lebih ekstrim.

Salah satu Negara yang mengalami pancaroba adalah Negara Indonesia, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) perkiraan musim hujan tahun ini diawali dari bulan Oktober dan November 2021 dengan curah hujan yang deras sebanyak 232 ZOM atau 67,8% dari 342 ZOM. BMKG menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk waspada terhadap perubahan cuaca yang ekstrim ini, karena biasanya banyak orang yang terjangkit penyakit seperti flu,panas dalam, demam berdarah, diare dan lainnya.

BMKG juga mengingatkan kepada masyarakat Indonesia khusunya untuk selalu menjaga diri kita dengan cara menguatkan imun tubuh dan daya tahan tubuh agar selalu kuat menghadapi cuaca yang ekstrim ini, ada banyak sekali cara kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan imun kita agar selalu sehat. Diantaranya, dengan menjaga pola makan yang teratur, memakan makanan yang sehat dan bervitamin, menjaga pola tidur, dan berolahraga secara teratur seperti, jogging, senam, futsal atau main bola, gym, dan melakukan gerakan-gerakan olahraga lainnya.

Oleh karena itu, dalam mengatasi musim pancaroba yang ekstrim ini, kita diharuskan untuk selalu menjaga kesehatan, agar imun dan daya tahan tubuh kita selalu kuat sehingga terhindar dari penyakit. Walaupun sejatinya penyakit adalah takdir tuhan yang tidak bisa ditolak, namun dengan kita menjaga kesehatan diri kita setidaknya ada upaya yang kita lakukan untuk terus menjaga diri kita tetap sehat dan kuat dalam menghadapi cuaca yang ekstrim ini, sehingga kita bisa terhindar dari segala penyakit yang datang di musim pancaroba ini.

Khoerul Rohman
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat


×
Berita Terbaru Update