Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Manfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Bisnis

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:49:06Z

Kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi yang terjadi Indonesia tidak bisa dibendung dan dihindari. Media Sosial merupakan salah satu bentuk dari kemajuan teknologi di bidang informasi dan komunikasi.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan agensi marketing We Are Social dan platform manajemen media sosial Hootsuite mengungkap bahwa lebih dari separuh penduduk di Indonesia telah "melek" alias aktif menggunakan media sosial pada Januari 2021 dari total 274,9 juta penduduk di Indonesia, 170 juta di antaranya telah menggunakan media sosial. Angka pengguna aktif media sosial di Indonesia tersebut tumbuh sebesar 10 juta atau sekitar 6,3 persen dibandingkan bulan Januari 2020. Dalam periode yang sama, pengguna internet di Indonesia tumbuh 27 juta atau 15,5 persen menjadi 202,6 juta.

Dewasa kini media sosial memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan masyarakat, media sosial bukan hanya digunakan sebagai sarana berkomunikasi saja media sosial kini juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk berbisnis.

Sebuah negara dapat dikatakan sebagai negara yang maju apabila jumlah pengusahanya cukup untuk menopang pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia pun tidak lepas dari peran para pengusaha, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Pada era digital seperti saat ini banyak orang yang menjalankan bisnisnya menggunakan media sosial. Dengan media sosial siapa pun bisa menjadi pengusaha.

Dalam berbisnis, media sosial digunakan sebagai media promosi produk-produknya. Berbisnis dengan menggunakan media sosial atau biasa disebut dengan bisnis online ini, lebih efisien dan menyenangkan, dan lebih minim modal. Dengan berjualan secara online, prosesnya bisa dilakukan dari mana pun selama ada internet.

Bukan hanya modal yang kecil saja, namun bisnis online juga lebih efisien dan dapat dijadikan sebagai usaha sampingan, karena dapat dilakukan tanpa khawatir pekerjaan lain terbengkalai. Bisnis dengan media sosial ini, dapat dilakukan oleh  berbagai kalangan mulai dari ibu rumah tangga, para pekerja kantor, pegawai pabrik, anak remaja, dan mahasiswa pun banyak yang menjalankan bisnis online dengan media sosial.

Bisnis online yang dapat dilakukan yaitu seperti bisnis fashion, kuliner, elektronik, dan masih banyak lagi. Kita dapat mempromosikan produk milik kita melalui facebook, instagram, twiter, market place seperti Tokopedia, Shoppe, Lazada, dll.

Oleh sebab itu, kita sebagai salah satu pengguna media sosial yang bijak, kita harus bisa menggunakan dan memanfaatkan media sosial untuk tujuan yang sekiranya berdampak positif bagi diri sendiri dan orang lain.

 

Resti Septianingsih

Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update