Jangan Asal Share!

Di era media sosial seperti sekarang ini, berbagai informasi bisa dengan sangat cepat menyebar dan menjadi viral. Parahnya, terkadang berita yang belum terkonfirmasi kebenarannya pun kerap tersebar dan membuat gaduh banyak orang padahal berlabel hoax.

Kondisi itu tak lain karena faktor mudahnya menyebarkan informasi melalui media sosial. Tinggal klik tombol share, informasi apapun akan cepat menyebar baik melalui Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, dan sebagainya. Tak hanya soal kemudahan, berita yang cepat menyebar terkadang juga karena faktor orang yang ingin menjadi yang pertama menyampaikan sebuah informasi. Akibatnya, informasi hoax pun ikutan laris disebarluaskan.

Berita bohong atau hoax sudah ada sejak zaman dahulu. Manusia menyebarkannya lewat desas-desus dari mulut ke mulut. Seiring perkembangan teknologi, berita palsu kini lebih mudah dan banyak beredar. Umat muslim seringkali terkecoh dengan membagikan berita dengan narasi heboh di platform Whatsapp tanpa mengecek kebenarannya terlebih dahulu. Padahal, berita palsu mampu mengakibatkan kemudharatan yang besar.

Di dalam Surat An-Nur ayat 15 dan 19, Allah mengatur agar kaum beriman tidak asal share berita atau informasi yang tidak diketahui kebenarannya. Bagi Allah, perbuatan asal share berita bukanlah hal yang sepele.

Jadi, kalau kita merasa ada kejanggalan pada berita yang kita terima, lebih baik periksa dulu kebenarannya. Jangan asal klik share atau like. Semoga Allah senantiasa menjaga kita semua.

 

Nadiya Nadha Fakhira

Cibiru Hilir, Bandung, Jawa Barat

081573828404

nadiyanadhafakhira@gmail.com

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023