Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jangan Abai Corona Belum Usai

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:04:26Z


Oleh : Al-kindi Nur Fuadi
 
Corona virus tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Virus corona (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Corona virus muncul di Indonesia sejak akhir bulan Desember. Adanya virus ini berawal dari Wuhan China, hingga sekarang mewabah ke belahan dunia.

Sampai saat ini, dunia belum bisa dikatakan aman dari virus corona. Karena seiring berjalannya waktu, varian awal virus covid-19 tersebut ternyata menimbulkan beberapa gejala baru lainnya. WHO menjelaskan bahwa gejala tersebut terbagi dalam dua kelompok yaitu gejala umum dan gejala tidak umum.

Virus corona pun bermutasi menjadi berbagai jenis varian baru. Mutasi virus corona diketahui sejak akhir 2020 hingga akhir pertengahan September 2021, ada 9 mutasi yang dihasilkan oleh virus corona, yaitu: varian Mu, varian Eta, varian Lota, varian Kappa, varian Lambda, varian Delta, varian Alpha, varian Beta, dan terakhir varian Gamma.

WHO kemudian mengelompokan Sembilan varian baru virus corona tersebut terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama disebut sebagai variants of interest (VOI), dan kelompok kedua disebut sebagai variants of concern (VOC).

Banyak upaya kesehatan yang dapat kita lakukan. Tak perlu khawatir akan corona yang semakin menyeramkan. Tetap jalani protokol kesehatan dan jangan sia-siakan upaya yang telah dilakukan. 
 
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update