Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jaga Keragaman dengan Perkuat Sikap Toleransi

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:20:19Z

Indonesia dikenal sebagai negara multikultural dengan beragam suku, ras, bahasa, serta agama. Keragaman ini hendaknya dapat dijadikan modal dalam membangun dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, sikap toleransi perlu diperkuat untuk menjaga keragaman tersebut.

Adanya perbedaan yang tidak dapat dihindari. Maka sikap toleransi menjadi salah satu hal yang harus dibiasakan dalam kehidupan. Setiap masyarakat wajib untuk saling menghargai dan menghormati setiap perbedaan serta menghindari berbagai macam pertikaian.

Masyarakat hendaknya dapat menerapkan sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu di rumah, sekolah, tempat kerja serta lingkungan tempat tinggal.

Salah satu bentuk toleransi yaitu toleransi beragama. Keragaman beragama merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Perbedaan agama dan kepercayaan kadang menjadi sebuah perdebatan ataupun pemecah persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, sikap yang harus dimiliki yaitu saling menghormati dan menghargai antarumat beragama.

Selain itu, toleransi suku dan budaya juga sangat penting untuk diterapkan. Setiap individu masyarakat diharapkan tidak memandang rendah suku dan budaya lain serta tidak memandang tinggi suku dan budaya sendiri. Agar tidak menciptakan konflik antarsuku maupun antarbudaya.  

Dengan adanya sikap toleransi, konflik dan perpecahan antar individu maupun kelompok tidak akan terjadi. Perlu kita ingat bahwa perbedaan itu indah. Mari perkuat sikap toleransi dalam keragaman di Indonesia untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh: Winna Herawati
Mahasiswa KPI, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update