Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gara-Gara Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:27:16Z


Pancaroba adalah masa dimana terjadinya transisi atau pergantian antara dua musim, seperti musim kemarau menuju musim penghujan dan musim penghujan menuju musim kemarau.Indonesia sendiri adalah negara yang memiliki iklim tropis, sedangkan iklim tropis itu sendiri memiliki tiga siklus yaitu musim kemarau, pancaroba dan musim hujan.

Perubahan cuaca seperti yang terjadi saat musim pancaroba bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit. Hal ini muncul karena adanya peralihan temperatur yang cukup cepat, terutama dari musim kemarau ke musim penghujan.

Perubahan suhu udara dengan cepat ternyata bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda serta meningkatkan risiko berkembangnya virus maupun bakteri. Oleh karena itu, tidak heran jika berbagai penyakit, terutama batuk pilek, kerap muncul selama musim pancaroba.

Beberapa penyakit yang sering dialami manusia saat musim pancaroba antara lain: flu, demam berdarah, chikungunya, ispa, dan diare. Pencegahannya dimulai dari isirahat yang cukup, menerapkan pola makan sehat, olahraga rutin, minum air puith, dan minum multivitamin.

Seluruh ciptaan Tuhan di dunia ini selalu ada manfaatnya. Termasuk musim pancaroba yang menjadikan kita lebih peduli akan kesehatan diri dan kebersihan lingkungan. Doa dan usaha jadi modal kita menghadapi musim ini.

Ahmad Zaydan
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update