Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Efek yang terjadi pada musim pancaroba di kawasan udara dingin

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:45:24Z



Musim pancaroba merupakan musim diantara dua musim yang ada di Indonesia. Musim di Indonesia ada dua yaitu, musim hujan dan musim kemarau. Musim pancaroba terjadi dua kali. Musim pancaroba pertama terjadi sekitar bulan September sampai bulan Oktober atau pada peralihan dari musim panas ke musim hujan. Musim pancaroba kedua terjadi saat peralihan musim hujan ke musim panas sekitar bulan April.
Musim pancaroba biasanya ditandai dengan cuaca ekstrem, misalnya intensitas badai meningkat, serta sering terjadi hujan deras yang diiringi dengan petir dan angin kencang. Perubahan cuaca yang tidak menentu bisa membuat imun tubuh seseorang menjadi lemah sehingga menjadi rentan terkena beberapa penyakit. Kebanyakan penyakit yang menyerang disebabkan oleh bakteri atau virus. Berikut beberapa penyakit yang timbul pada musim pancaroba dikawasan udara dingin yang sering terjadi yaitu: Tipes, Infeksi saluran pernapasan, Influenza, Demam berdarah
Bukan hanya berefek pada manusia namun musim pancaroba di kawasan udara dinginpun bisa menimpa pada bebearapa tumbuhan. Cuaca yang berubah-ubah akan menyebabakan penyakit mudah berkembang, biasanya pada musim ini oreganisasi pengganggu tanaman (OPT) akan lebih pesat berkembang, sehingga mengakibatkan penurunan produktivitas tanaman, karena tanamanmengalami ruksak keruksakan yang di sebabkan oleh hama tersebut. Berikut tumbuhan yang mengalami keruksakan yang disebabkan oleh adanya pancaroba yaitu, Padi, Bawang, Cabai , Ubi jalar, Kubis dan lain-lain.
Hama yang menyerang pada musim pancaroba dikawasan udara dingin adalah ulat yang menyebabkan tanaman menjadi ruksak.
Jadi efek dari musim pancaroba dikawasan udara dingin bisa menyerang kepada manusia yang menyebabkan terkena beberapa penyakit seperti tipes, demam berdarah dan laian-lain, dan juga bukan hanya pada manusia musim pncaroba juga bisa berefek pada tumbuhan yang disebabkan oleh hama sehingga mengakibatkan penurunan pada produktivitas petani.
×
Berita Terbaru Update