Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Deretan penyakit saat musim pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:47:10Z

Musim pancaroba adalah masa dimana terjadinya transisi atau pergantian antara 2 musim yaitu di musim hujan dan musim kemarau, musim pancaroba ini biasanya ditandai dengan frekuensi tinggi badai, hujan yang deras, angin puting beliung, udara yang panas dan arah angin yang tidak teratur. Musim pancaroba ini terjadi pada bulan September ke oktober atau pada peralihan musim pada musim hujan ke musim kemarau.
Musim pancaroba juga menimbulkan penyakit,mengapa? karena temperatur udara yang rendah terutama dari panas ke dingin yang dapat membuat seseorang lebih mudah terkena penyakit. ini disebabkan oleh virus dan bakteri yang mudah berkembang biak pada musim ini dan jumlahnya meningkat drastis pada musim pancaroba. Beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh musim pancaroba ini seperti flu, tipes, malaria, gangguan pencernaan, dan sebagainya.
Flu adalah penyakit yang sering terjadi dan menyerang banyak orang, flu ini adalah infeksi saluran pernapasan karena virus influenza, virus influenza tersebar melalui udara lewat batuk atau bersin. Flu dapat sembuh dengan sendirinya, Langkah pengobatannya adalah dengan cara istirahat yang cukup dan banyak minum.  
Penyakit yang juga menyerang pada musim pancaroba ini adalah penyakit tipes, penyakit ini juga termasuk penyakit yang ditimbulkan oleh musim pancaroba, penyakit ini menyerang saluran pencernaan yang disebabkan oleh virus salmonella thyposa, bakteri ini berkembang biak pada air yang kotor akibat musim pancaroba yang sering terjadi hujan.
Ada juga malaria, yang muncul akibat genangan air pada musim hujan ini, genangan air menjadi tempat berkembang biak yang nyaman untuk nyamuk malaria. Malaria bisa di cegah dengan memastikan tidak ada genangan yang membuat tempat nyamuk berkembang biak.
Selain itu demam berdarah yang juga muncul akibat genangan air pada masa pancaroba di musim hujan, penyakit ini juga bisa mengancam jiwa. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk aedes agepty dan aedes albopictus. Virus ini masuk ke aliran darah melalui gigitan nyamuk.
Kemudian ada juga gangguan pencernaan atau diare, diare adalah buang air besar cair, diare ini bisa menyerang siapa saja. Gangguan pencernaan ini disebabkan karena tubuh yang beradaptasi dengan perubahan cuaca ekstrem yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Diare ini bisa disembuhkan dengan cara menambah memakan makanan bergizi seperti jeruk, manga, bayam, brokoli, dan kembang kol.
Itulah penyakit penyakit yang sering terjadi pada musim pancaroba ini, penyakit penyakit ini sudah jelas membuat aktivitas terganggu, nafsu makan berkurang, dan lemas. Penyakit penyakit ini bisa disembuhkan dan dicegah. Karena tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan, tetapi lebih baik mencegah daripada mengobati.
Tips mencegah penyakit penyakit pada musim pancaroba seperti, minum air putih yang banyak minimal 2 liter satu hari agar kuman dan bakteri dalam tubuh bersih, meminum vitamin, memakan makanan yang bergizi,menjaga pola makan, dan istirahat yang cukup.

Tazkia Aulia Rahmah
Mahasiswi KPI UIN sunan
Gunung djati Bandung 
×
Berita Terbaru Update