Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cuaca Ekstrem di Musim Pancaroba

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T16:52:05Z

Pancaroba merupakan suatu fenomena alam yang terjadi ketika peralihan musim hujan ke musim kemarau dan sebaliknya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa indonesia hanya memiliki 2 musim saja yaitu, musim hujan dan musim kemarau, nah dari peralihan kedua musim inilah yang menyebabkan terjadinya musim pancaroba.

Musim pancaroba ini memiliki banyak sekali problematika yang terjadi antara alam dengan manusia, salah satunya di pengaruhi oleh cuaca ekstrem pada musim pancaroba. Cuaca yang tidak menentu seperti hujan yang diiringi oleh angin besar dan petir, banjir, longsor, atau kemarau dengan malam yang amat dingin.

Cuaca ekstrem yang terdapat di indonesia terbilang mengkhawatirkan oleh sebab itu mitigasi harus terus dilakukan oleh seluruh masyarakat dan pemerintahan agar dapat mengurangi tingkat bencana yang disebabkan oleh cuaca ekstrem.

Curah hujan yang tinggi merupakan suatu faktor penyembab terjadinya banjir dan longsor, di musim pancaroba curah hujan tinggi dan tidak menentu serta bisa saja tiba-tiba menjadi panas. Namun belajar dari peristiwa terdahulu bahwa di musim pancaroba pun turunnya curah hujan tidak dapat untuk diketahui.

Oleh karena itu di musim pancaroba masyarakat perlu mewaspadai cuaca ekstrem yang akan terjadi di peralihan musim ini. Pencegahan sangatlah penting dan waspada salah satu dari pencegahan, berhati-hatilah dalam beraktivitas di musim pancaroba serta terus menjaga kesehatan.

Roby Firdaus
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat

×
Berita Terbaru Update