Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cermat Bermedia Sosial

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T03:40:13Z

Media sosial benar-benar sudah menjadi kebutuhan sehari-hari kita diera modern ini. Segala hal semua sudah ada di media sosial dari informasi, berita, kabar-kabar terkini semuanya sudah ada di media sosial. Bahkan tak sedikit media cetak yang sekarang justru menggunakan media sosial untuk marketingnya.

Hal ini dapat dimaklumi tentu karena media sosial benar-benar sesuatu yang simple, dimana kita hanya klak-klik saja tidak perlu keluar rumah untuk membeli majalah ataupun koran harian kita sudah bisa menikmati berita-berita yang up to date dan bikin kita jadi ga kudet.

Namun, maraknya bermedia sosial ini disamping sisi positif juga banyak sisi negatifnya yang diantaranya netizen menjadi tak terkendali dalam melakukan atau memberikan atensi dan respon terhadap berita yang mereka makan sehari-hari.

Jika mereka suka maka respon positif pasti berdatangan, namun yang bermasalah adalah jika ada konten yang tidak sesuai dengan minat mereka cenderung akan menghujatnya habis-habisan. Tentu ini tidak bisa dibilang sebuah hal yang positif karena begitu banyak ujaran-ujaran kebencian ketika ada sesuatu yang benar-benar tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Dalam hal ini tentu penulis ingin mengajak para pembaca dan juga netizen semuanya agar senantiasa cermat dan juga bijak dalam bermedia sosial dalam arti disamping pintar memilah dan memilih berita yang baik dan yang kita inginkan juga bijak dalam memberikan respon positif maupun negatif yang mana ketika kita tidak suka bukan berarti kita boleh menghujat suatu kelompok atau individu tersebut namun alangkah baiknya diskip saja atau dilewati.

Maka dari itu jika kita tidak bisa memberikan respon yang baik alangkah lebih baiknya jika tidak usah merespon karena itu justru akan lebih membuat konflik lagi. Dan yang pasti tidak ada untungnya bagi yang menghujat namun banyak kerugian dari segi materi maupun moral yang diterima oleh yang menerima hujatan tersebut. Maka dari itu cermatlah dalam bermedia sosial !

 

Muhammad Farhan Yazid

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update