Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

BIJAK DALAM BERAKTIVITAS DI MEDIA SOSIAL

Selasa, 21 Desember 2021 | Desember 21, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-21T08:50:28Z

BIJAK DALAM BERAKTIVITAS DI MEDIA SOSIAL

Media sosial merupakan media online yang dapat membantu interaksi sosial dengan memanfaatkan jaringan internet dan teknologi berbasis web. Dewasa ini media sosial sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang di dunia, dengan beragam jenis media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, Line,YouTube hingga TikTok dan ditambah dengan berkembangnya teknologi memberikan banyak sekali perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya di gunakan untuk media komunikasi, media sosial juga memiliki beragam macam fungsi lainnya yang dengan berjalannya waktu semakin beragam.

Namun sudah bukan misteri lagi jika segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti memiliki dampak negatif dan positif bagi hidup kita, begitupun dengan media sosial. Dibalik dampak positif yang diberikan oleh media sosial, terdapat beberapa dampak negatif yang juga di timbulkan oleh media sosial mulai dari maraknya berita hoax, beredarnya konten-konten negatif, cyberbullying, kecanduan, penipuan onilne dan masih lagi. Maka dari itu kita harus belajar bijak dalam menggunakan media sosial.

Bijak dalam beraktivitas di media sosial sangatlah penting untuk dilakukan, agar kita sebagai pengguna tidak dengan mudah terkena dampak negatif yang ditimbukan oleh media sosial itu sendiri dan juga tidak tidak menjadi penyebab munculnya dampak negatif itu sendiri. Lantas hal apa yang bisa kita lakukan agar kita bijak dalam beraktivitas di media sosial dan  Hal-hal apa saja yang seharusnya tidak kita lakukan selama beraktivitas dimedia sosail ?

Ada beberapa hal yang seharusnya kita perhatikan selama menggunaka media sosial yaitu selalu cek setiap informasi yang kita dapatkan dari media sosial agar kita tidak denga mudah termakan berita hoax, selalu membatasi diri dari konten-konten negatif dan membantu mengurangi penyebaran konten-konten negatif, hindari melakukan cyberbullying dan ikut serta memberantas cyberbullying dengan cara memberikan edukasi terhadap orang-orang yang kerap melakukannya dan memberikan rasa simpati serta rasa empati kita kepada korban cyberbullying, batasi diri dalam penggunaan agar kita terhindar dari rasa kecanduan, selalu waspada dan hati-hati setiap mengunakan media sosial, dan sebisa mungkin bijak dalam menggunakan media sosial dengan sebaik-baiknya.

Oleh sebab itu, untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri bahkan orang banyak, kita sebagai pengguna media sosial haruslah bijak dalam beraktivitas di media sosial, belajar menjadi pengguna yang cerdas dalam menggunakan media sosial, jangan sampai kita lebih banyak mendapatkan dampak negatif daripada dampak positif dai media sosial.

 

Nurul Alfiani

Mahasiswa KPI UIN BANDUNG

×
Berita Terbaru Update