Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bersosial Media Dalam Ajaran Islam

Sabtu, 11 Desember 2021 | Desember 11, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-11T01:16:30Z

Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Media tersebut dapat menggunakan Facebook, Instagram, WhatsApp, Tiktok, dsb.

Diera kini sosial media sudah tidak asing lagi, karena sudah digandrungi dari jenjang usia anak anak hingga dewasa pun aktif bersosmed. Sosial media ini mempunyai banyak manfaat contohnya sebagai sarana bersilaturahmi, mencari informasi, dan hal lainnya dapat dilakukan dengan sosial media.

Namun sangat di sayangkan apabila sosial media dipergunakan dalam  hal-hal negatif, contohnya seperti menyebarkan berita hoax, berkomentar yang menyakiti orang lain, atau yang lebih parahnya mempublikasikan konten yang tidak senonoh.

Dalam Islam kita diajarkan etika berkomunikasi yang baik, berkata yang santun, tidak menyinggung atau menyakiti perasaan orang lain, tidak berkata kasar, tidak memprovokatif, dan tidak menyebarkan fitnah yang pada akhirnya dapat menimbulkan konflik.

"Dan, juga diminta untuk tidak mengolok-olok yang lain, meskipun orang itu berbeda pendapat" (QS Al-Hujarat: 11). Islam adalah agama yang sangat menghormati perbedaan. Akan tetapi, seperti yang dijelaskan pada surah Al-Kafirun ayat ke-6 yang artinya "untukmu agamamu dan untukku agamaku" ayat tersebut menjelaskan bahwa walaupun Islam sangat menghormati perbedaan namun untuk hal akidah dan tauhid, masing-masing mempunyai keyakinan tersendiri.

Sosial media merupakan benda mati, maka dari itu kita sebagai penggeraknya harus bisa mengarahkan suatu hal apapun kepada hal yang positif. Daripada mempublikasi konten yang negatif hanya karena ingin bisa terkenal, lebih baik mempublikasikan konten yang lebih bermanfaat seperti bagaimana melakukan investasi di usia muda, tutorial make up, membagikan ilmu yang bermanfaat, dsb.

Oleh: Wafiq Nur Agniati.

Mahasiswa KPI III D, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

×
Berita Terbaru Update