Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bersiaplah menghadapi pancoroba

Jumat, 17 Desember 2021 | Desember 17, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-17T06:53:23Z

Peralihan musim sendiri lebih dikenal dengan sebutan pancaroba. Mengingat Indonesia berada di wilayah tropis, hanya ada dua musim yang silih berganti tiap tahunnya. Yakni musim kemarau dan musim penghujan. Setiap perubahan musim ini , akan terjadinya suatu masalah bagi masyarakat, entah dari segi kesehatan atau pun dari segi kehidupan dan pangan.

Kondisi pancoroba ini sering menyebabkan daya tahan tubuh kita menurun , yang menyebabkan kita mudah terkena penyakit. Seperti demam , flu , dan masih banyak yang lainnya. Selain itu disaat musim pancoroba kita juga akan terkena masalah dalam segi kehidupan. Aktifitas-aktifitas yang kita jalani akan terhambat oleh faktor cuaca. Dan juga bahan pangan yang biasa kita beli itu akan terbatas karena bahan pangan akan menyesuaikan kondisi cuaca.

Oleh sebab itu kita harus melakukan yang namanya persiapan Untuk menghadapi musim pancaroba tersebut. Yang pertama dalam segi kesehatan. Kita harus banyak-banyak meminum air putih hangat ketika cuaca dingin. Karena dengan meminum air putih hangat , tubuh kita tidak akan kekurangan mineral dan juga menjaga kondisi tubuh agar tetap hangat. Selain itu meminum vitamin c. Vitamin c ini penting untuk jaga imun tubuh.

Begitu juga untuk kehidupan atau aktivitas kita sehari-hari. Walaupun cuaca tidak tertentu, untuk menghangatkan badan dan membuyarkan badan kita harus sering berolahraga. Tidak harus berolahraga diluar atau dilapangan, olahraga didalam rumah pun sudah cukup untuk membubarkan tuhuh kita. Selain itu persiapa bahan pangan juga penting , dikarenakan pancoroba yang mengakibatkan petani menyesuaikan tanamannya dengan cuaca yang menyebabkan bahan pangan pun berkurang. Oleh karena itu kita wajib mempersiapkannya dari jauh-jauh hari.

Persiapan sangatlah penting sebelum datangnya Pancoroba. Dengan adanya persiapan kita dapat hidup seperti biasa walaupun pancoroba melanda. Persiapan bukan berarti kita takut terhadap kondisi pancoroba ini. Melainkan mencegah akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Mochamad Maulana
Mahasiswa KPI UIN sunan gunung Djati Bandung
BOGOR , kec. BOGOR TIMUR , kel. Katulampa , Jln Katulampa RT 03 RW 09 , kode pos 1614 No rumah 91
089516846820
×
Berita Terbaru Update