Bencana Alam, Tanggung Jawab Siapa?

Bencana alam merupakan suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Peristiwa alam ini dapat berupa banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, badai salju, kekeringan, hujan es, gelombang panas, hurikan, badai tropis, taifun, tornado, kebakaran liar dan wabah penyakit. Bencana alam tidak dapat kita hindari ataupun kita tolak kedatangnya. 

Akhir-akhir ini di Indonesia sendiri sering kita dengar atau mungkin kita rasakan adanya bencana alam di sejumlah daerah di Indonesia. Seperti banjir, gunung Meletus, tanah longsor ataupun cuaca ekstrem. Tidak sedikit bencana alam tersebut yang menimbulkan korban jiwa dan pastinya kerugian secara material. Bencana alam merupakan tanggung jawab semua orang bukan hanya pemerintah ataupun perseorangan. 

Namun bersyukurnya di zaman sekarang masyarakat tidak hanya diam melihat kondisi tersebut. Meraka peka terhadap kondisi orang lain yang sedang tertimpa musibah, mereka berempati dengan memberikan sedikit rezeki yang mereka miliki bahkan mengadakan penggalangan dana untuk membantu koban-korban bencana alam yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

Melihat hal tersebut arus kita sadari betapa beruntungnya kita hidup di negara Indonesia. Negara yang orangnya ramah dan dan memiliki rasa empati yang tinggi. Oleh karena itu sudah seharusnya kita menjaga dan mempertahankan niai-nilai ke indonesiaan itu agar tetap terjaga popularitasnya.


Dewi Sri hardiani
Mahasiswa KPI UIN BDG
0895608832781


Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023