Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Moderasi Dalam Ajaran Islam

Senin, 25 Oktober 2021 | Oktober 25, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T23:35:17Z


Dakwahpos, Bandung–Mesjid Ikomah mengadakan Kultum yang dilaksanakan setelah Sholat Zuhur dengan topik "Moderasi Dalam ajaran Islam" yang dipimpin langsung oleh ustadz Drs. H. Yayan Khairul Anwar, M.Ag pada agenda kultum saat itu beliau membahas mengenai pengertian moderasi dalam pandangan islam.
beliau mengatakan bahwa indonesia adalah bangsa yang heterogen, bangsa yang terdiri dari beratus - ratus suku, beratus - ratus bahasa. kemudian terdiri dari berbagai agama dan keyakinan, oleh sebab itu menjadi kewajiban bagi kita sebagai umat muslim untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan atas keragaman yang terjadi tersebut. kita harus menerima bahwa kita adalah bangsa yang ditakdirkan oleh Allah SWT untuk hidup di lingkungan yang sangat beraneka ragam.
disamping itu, banyak sekali tantangan yang dihadapi umat muslim di Indonesia sebagai umat mayoritas dalam menjaga persatuan dan kesatuan atas keragaman yang ada.
"Banyak sekali tantangan yang dihadapi bagi bangsa yang Allah takdirkan seperti bangsa kita ini, terutama pertentangan antara kelompok, kemudian isu, sara, dan lainnya. Oleh sebab itu umat muslimin di Indonesia sebagai Umat yang mayoritas ditintut untuk bersikap moderat" ucap beliau.
Beliau pun mengatakan bahwa konsep moderat bukanlah konsep yang baru digaung gaung oleh kita, oleh pemerintah kita. Tapi jauh sebelumnya, konsep moderat tersebut sudah kita dapatkan di dalam Al quran atau as sunah.
"Kalo kita membaca berbagai kitab tafsir, khususnya ketika menafsirkan surah al baqarah ayat 143 maka kita akan mendapati beberapa pemahaman terminologi kata moderat tersebut, misalkan ar razi dalam kitab tafsir nya ia mengatakan "tidak memihak di antara pihak pihak yang bertentangan"


Reporter : Isnaeni Alifia Syahara 
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung


×
Berita Terbaru Update