Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Meneladani Akhlak Rasulullah SAW

Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T01:56:16Z

Dakwahpos.com, Jakarta- DKM Al-Muttaqien Taman Jatisari Permai mengadakan acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, Senin (24/10/2021), dengan tema "Meneladani Akhlak dan Meningkatkan Cinta Kepada Rasulullah SAW". Kegiatan tersebut diisi dengan ceramah Ustad Sulaiman Rohimin yang mengangkat tema "Meneladani Akhlak Rasulullah"

Dalam ceramahnya Ustad Sulaiman Rohimin mengatakan Allah SWT mengutus baginda Nabi Muhammad SAW bukan hanya semata-mata untuk memperluas ajaran Islam, tetapi juga untuk memperbaiki dan meluruskan akhlaq manusia dimuka bumi ini. Allah berfirman dalam surat surat Al-Ahzab ayat 21 yang berbunyi "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.".

Didalam kehidupan didunia ini ada tiga contoh yang patut dicontoh dari akhlak Rasulullah SAW karena Rasulullah sendiri merupakan suri tauladan yang baik karena memiliki akhlak yang paling agung.

Akhlak yang pertama adalah Al-Akhlaq Al-Hasanah atau akhlak yang baik, ketika kita memiliki teman sepergaulan yang baik, mereka melakukan sesuatu yang menyenangkan kepada temannya, Ketika teman tersebut merasa senang dan berterima kasih, ia akan memberikan atau melakukan hal yang sama untuk membalas kebaikan tersebut tidak adanya iri hati ketika melihat temannya senang. Membalas kebaikan seseorang dengan kebaikan yang serupa inilah yang dinamakan al-akhlaq al-hasanah.
Akhlak yang kedua adalah Al-Akhlaq Al-Karimah atau akhlak yang terpuji. Seseorang yang selalu bersyukur tentang apa yang sudah Allah berikan di muka bumi ini dan tidak pernah luput untuk senantiasa melakukan perbuatan baik kepada siapa pun dengan rasa syukur yang besar kita akan selalu ingin menyebarkan kebaikan serta kebahagiaan dengan selalu berbuat baik kepada sesamanya.

Akhlak yang ketiga merupakan akhlak yang dimiliki Rasulullah SAW yaitu Al-Akhlaq Al-'Azhimah atau akhlak yang agung. Allah SWT berfirman dalam surat Asy-Syura ayat 40 yang berbunyi "Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang setimpal, tetapi barang siapa memaafkan dan berbuat baik (kepada orang yang berbuat jahat) maka pahalanya dari Allah" Akhlak ini merukan salah satu senjata Rasulullah untuk meluluhkan hati orang yang tidak percaya tuhan dan kenabian bahkan orang yang ingin membunuhnya sekalipun, Akhlak tersebut adalah membalas kejahatan seseorang dengan kebaikan, karena ketika Rasulullah diberikan cemoohan Rasulullah senantiasa sabar untuk menghadapinya tanpa adanya dendam sama sekali bahkan Rasulullah itu sendiri membalas semua itu dengan kebaikan dengan cara menjenguknya ketika orang yang senantiasa mencemooh tersebut jatuh sakit.

Oleh karena itu kita harus selalu mencontohkan dan menjadikan Rasulullah sebagai suri tauladan dalam hidup kita baik dari akhlak, gaya hidup, gaya berpakaian dan sikap dalam sehari-hari karena itu semua adalah kebaikan dan memudahkan kita dalam melakukan apapun didunia ini.
×
Berita Terbaru Update