Mari Teladani Akhlakul Karimah Sang Baginda

Dahwahpost.com,Padang-Masjid Sa'adah Lalan mengadakan rutinitas tahunan yaitu memperingati maulid Nabi Muhammad SAW pada hari Selasa, 26 Oktober 2021. Dimana kegiata ini dilakukan setelah pelaksanaan shalat Isya berjamaah yang diimami oleh Ust. Hidayatullah, Lc. dan beliau sekaligus menyampaikan ceramah kepada jemaah masjid sa'adah Lalan tersebut, yang diberi tema "Mari Teladani Akhlakul Karimah Sang Baginda".

Ustadz Hidayatullah, Lc. menyampaikan tentang teladan nabi yaitu pertama membahas tentang berkhlak kepada Allah. Nabi Muhammad SAW pada suatu malam pernah melakukan shalat malam sehingga kaki beliau menjadi bengkak. Menjelang ubuh di Madinah. Aisyah menemukan suaminya, Muhammad SAW sudah bengkak-bengkak. Shalat malam yang dilakukan Rasullah terkenal panjang.

Pembahasan yang kedua yaitu tentang berakhlak kepada sahabat, jangan menilai fisik seseorang, lihat saja Bilal bin Rabah yang mempunyai kulit hitam tetapi beliau dirindukan oleh bidadari surga, karena akhlak yang selalu membedakan antara yang baik dan yang buruk, dan yang paling penting adalah tanamkan selalu husnudzon kepada orang lain. Jika sudah suudzon, bisa menyebabkan kekeliruan yang nantinya akan membuat penyesalan.

Selanjutnya yaitu tentang memuliakan istri, Rasulullah kepada istrinya selalu memanggil dengan sebutan yang mesra yaitu Humairah, dan selanjutnya Rasulullah selalu minum di gelas bekas biibir yang diminum oleh istri beliau.

Pembahasan yang terakhir adalah memuliakan anak-anak, disaat beliau shalat, Hasan dan Husen menduduki beliau disaat sedang sujud, beliau hanya diam sampai mereka puas bermain, dan pada suatu ketika beliau juga pernah di kencingi seorang bayi, tetapi beliau tidak marah dan hanyaa tersenyum karenanya.

Untuk itu kita sebagai umat Rasulullah hendaklah mengikuti yang dilakukan oleh Rasulullah agar senantiasa mendapatkan keridhaan dari Allah.

Reporter

Ahmad Fauzi

Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung 

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023