Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Karang Taruna Desa Kasomalang Kulon Berpartisipasi dalam Program Subang Menuju Indonesia Hijau

Jumat, 29 Oktober 2021 | Oktober 29, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-29T00:48:30Z

Dakwahpos.com, Subang - Karang Taruna Desa Kasomalang Kulon mengikuti program Subang Menuju Indonesia Hijau di Desa. Tenjolaya Kecamatan. Kasomalang. Program ini diadakan oleh pemerintah kabupaten Subang, sebagai upaya penghijauan dan pelestarian alam di kabupaten Subang. 

Kegiatan yang dihelat pada Ahad (24/10/21) dihadiri oleh berbagai macam kalangan masyarakat. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh instansi pemerintahan di kabupaten Subang dan seluruh karang taruna yang berada di wilayah kecamatan Kasomalang. 

Program Subang menuju Indonesia hijau ini, merupakan program yang didalamnya terdapat kegiatan penanaman 25 ribu pohon . 

Ketua Karang Taruna Desa Kasomalang Kulon, Sharipudin menganggap bahwa kegiatan ini harus sering terlaksana demi terciptanya lingkungan yang asri. 

"Kegiatan penanaman pohon seperti ini harus terus dilaksanakan demi lingkungan yang asri, apalagi kita sebagai generasi penerus yang seharusnya memiliki kepekaan yang lebih terhadap keadaan alam sekitar," ujarnya. (24/10). 

Sharipudin mengatakan bahwa Karang Taruna Desa Kasomalang Kulon siap sedia terjun ke lapangan secara langsung apabila memang ada kegiatan sejenis penghijauan ini, karena menurut sharipudin bahwa penghijauan sangat penting apalagi di wilayah rawan longsor dan banjir. 

"Tentunya saya dan rekan-rekan Karang Taruna Desa Kasomalang Kulon, selalu siap siaga, siap terjun ke lapangan secara langsung apabila memang ada kegiatan seperti penghijauan ini, karena sangat penting bagi kita semua selaku manusia untuk menjaga alam semesta ini apalagi di wilayah rawan banjir dan longsor ini sangat penting sebagai langkah pencegahan nantinya," kata Sharipudin. 

Sharipudin juga berharap semoga program ini akan terus terlaksana dan semoga apa yang telah kita laksanakan dapat terus dijaga dan dilestarikan kedepannya. 

"Harapan saya kedepannya program akan terus terlaksana dimana pun, karena ini demi Indonesia yang lestari alam nya, yang segar udaranya. Selain itu semoga apa yang telah kita tanam pada hari ini dapat dijaga dan dilestarikan nantinya," ujar Ketua Karang Taruna Desa Kasomalang Kulon Sharipudin

Asosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri (AHTRM) menyiapkan hampir 30 ribu untuk ditanam di dua wilayah berbeda, yaitu di desa Cimenteng, kecamatan Cijambe dan di desa Tenjolaya, kecamatan Kasomalang. 

"Melalui penanaman dan pemeliharaan ini diharapkan menjadi pilot project untuk seluruh Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, bahkan untuk seluruh Indonesia. Kegiatan ini dimulai pada tahun 2021-2026 semula telah di laksanakan pada tahun 2019 di Kab.Karawang," ungkap Ketua Umum AHTRMI, Basyaruddin. (24/10) 

Menurut Basyaruddin, bukan hanya sekedar menghijaukan saja, namun para petani yang ada didaerah tersebut akan di bina melalui Teknologi Tepat Guna (TTG), untuk meningkatkan hasil produksi oleh Litbang AHTRMI Prof.DR Tarzan Sembiring sebagai Wakil Ketua Umum.

Untuk itu, Basyaruddin mengharapkan, adanya dukungan pemerintah daerah serta provinsi dan pusat, supaya kegiatan ini bisa berguna kelak buat daerah-daerah lainya di Jawa Barat, bahkan di seluruh Indonesia.

"Mohon doakan kami saudaraku, walau disana-sini banyak tantangan serta hambatan buat kami, berkat tuntunan Allah SWT  dengan maksimal kami bekerja, Insya Allah akan terbukti nantinya hasil kerja keras kami," harapnya.


Reporter :
Fariz Farghan Atalla
Mahasiswa KPI UIN Bandung

×
Berita Terbaru Update