Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Empat Sebab Gelapnya Hati

Sabtu, 30 Oktober 2021 | Oktober 30, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-30T13:59:18Z

Dakwahpos.com, Bekasi- DKM Al-Ikhlas Kampung Blokang mengadakan acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, Senin (25/10/2021), dengan tema "Meneladani Akhlak dan Meningkatkan Cinta Kepada Rasulullah SAW". Kegiatan diisi dengan ceramah Ustaz Ahmad Kamaludin Maulana Malik Ibrahim yang mengangkat tema "Empat Penyebab Gelapnya Hati".

Ustaz Ahmad Kamaludin Maulana Malik Ibrahim, diawal ceramahnya, mengutip perkataan salah seorang sahabat Nabi bernama Abdullah bin Mas'ud dalam kitab Nasha'ihul Ibad karangan ulama kharismatik dunia asal Banten yaitu Syekh Nawawi Al-Bantani. 

أَرْبَعَةٌ مِنْ ظُلْمَةِ الْقَلْبِ بَطْنٌ شَبْعَانٌ مِنْ غَيْرِ مُبَالَاةٍ وَ صُحْبَةُ الظَّالِمِيْنَ وَ نِسْيَانُ الذُّنُوْبِ الْمَاضِيَةِ وَ طُوْلُ الْأَمَلِ

Ustaz yang dikenal dengan panggilan ustaz galau ini menjelaskan lebih lanjut bahwasannya ada empat hal yang membuat hati manusia menjadi gelap. Pertama, hati manusia bisa jadi gelap karena perut yang terlalu kenyang, terlalu banyak makan. Kedua, karena berteman dengan orang-orang zalim.

"Memang, kita bukan orang baik mpok (panggilan perempuan yang dianggap lebih tua dalam bahasa betawi). Kita bukan orang baik Pak. Saya yang berbicara disini pakai serban, pakai baju koko (sebutan baju muslim pria), bukan orang baik. Kita cuma sama-sama lagi belajar jadi orang baik, dengan berkumpul ditempat yang baik, melakukan hal yang baik. InsyaAllah kita semua jadi orang baik". Tuturnya. 

Ustaz Ahmad Kamaludin Maulana Malik Ibrahim juga mengungkapkan bahwa, "Sepanjang apapun kita berdo'a, pasti selalu diakhiri dengan do'a sapujagat, Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar. Karena sesungguhnya hanya itu yang kita inginkan. Kita hanya ingin hasanah di dunia, hasanah di akhirat. Baik di dunia, baik di akhirat".

"Gimana caranya kita baik di dunia? Al Habib Zain bin Smith dalam kitabnya Manhajus Shawi, Al Imam Hasan al bashri menjelaskan bahwasannya supaya kita hasanah di dunia, bil 'ilmi wal 'ibadah, dengan ilmu dan ibadah. Artinya apa? Mengaji". Ungkapnya lebih lanjut.
 
"Orang duduk hadir di majelis ilmu itu pahalanya luar biasa". Pungkasnya.

Ustaz galau juga mengutip hadis keutamaan orang yang duduk di majelis ilmu dalam kitab Ihya Ulumuddin karangan Imam Ghazali. Orang yang duduk hadir di majelis ilmu pahalanya lebih baik daripada salat sunah seribu rakaat, menjenguk seribu orang sakit, dan mengurusi seribu jenazah. 

Ustaz Ahmad Kamaludin Maulana Malik Ibrahim lebih lanjut menjelaskan mengenai penyebab gelapnya hati. Penyebab yang ketiga adalah melupakan dosa yang telah lalu atau pernah dilakukan. Keempat, panjang angan-angan atau terlalu banyak menghayal.

Kemudian kultum ditutup dengan mengajak para warga yang hadir untuk melantunkan selawat badar yang diselingi dengan pantun oleh beliau. 

Semoga kita terhindar dari musabab penyakit hati, serta semoga Allah SWT menggolongkan kita kepada hamba-Nya yang senantiasa meneladani Akhlakul Karimah Rasulullah SAW. Aamiin. 

Reporter : Luhana Ammatul Maula
Mahasiswi KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update