Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ambil Ibrah dari Keistimewaan Sebagian Ciptaan Allah SWT

Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T15:23:25Z

Dakwahpos.com, Bandung – Dewan Kemakmuran Masjid Jami Al-Hasan Cileunyi mengadakan kajian subuh mingguan pada (31/10/2021).

Pada kegiatan tersebut para masyarakat sekitar masjid cukup antusias untuk mengikuti kajian tersebut meskipun pelaksanaan nya pada waktu subuh, yang mana biasanya pada waktu tersebut masyarakat masih terlelap tidur, tetapi alhamdulilah para jamaah masjid dapat hadir dan antusias untuk mengikuti kajian.

Kajian subuh tadi di Masjid Al-Hasan di isi oleh penceramah Al Ustadz H. Erdian, S.Ag. yang membawakan materi ceramah tentang " Mengambil Ibrah dari Keistimewaan Sebagian Ciptaan Allah SWT ".

Pada materi ceramah tersebut Al Ustadz menyampaikan tentang betapa istimewanya seluruh ciptaan Allah SWT. Beliau mengatakan, tidak lah ada yang Allah SWT cipta kan hanya sia-sia, pasti semuanya memiliki manfaat dan ibrah tersendiri. Dalam ceramah tersebut juga diterangkan bahwa, terdapat 3 tempat yang Allah pilih dan istimewakan, di antaranya : Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjidil Aqsha. 3 tempat tersebut adalah tempat-tempat yang sangat istimewa, sangat suci, dan sangat sakral bagi kita kaum muslimin.

Selain itu juga, dari 12 bulan hijriah yang ada, hanya 4 bulan hijriah yang Allah pilih dan istimewakan, di antaranya : Bulan Muharram, Rajab, Dzulqa'dah, dan Dzulhijjah. Lalu, dari 12 bulan hijriah ada juga 1 bulan yang Allah pilih dan muliakan yaitu, bulan Ramadhan. Lalu, dari 1 bulan Ramadhan hanya terdapat satu malam yang sangat istimewa yaitu, malam Lailatul Qadar yang mana satu malam itu lebih baik dari seribu bulan. Kemudian, dalam waktu 24 jam sehari semalam hanya ada 5 waktu yang Allah pilih dan istimewakan yaitu, 5 waktu shalat. Kemudian, dari 5 waktu shalat tersebut hanya ada 2 waktu shalat yang Allah pilih dan istimewakan yaitu, waktu shalat Subuh dan Ashar.

Setelah tadi di atas membahas mengenai tempat dan waktu yang Allah pilih dan istimewakan, yang terakhir Al Ustadz pun menyampaikan bahwa, ada juga individu dan mahluk yang Allah pilih dan istimewakan.

Dari sekian banyak mahluk yang Allah ciptakan di dunia ini, hanya ada satu mahluk yang Allah pilih dan istimewakan yaitu, manusia sebagai khalifah di muka bumi ini. Kemudian, dari sekian banyak manusia yang di ciptakan dan ada di muka bumi ini hanya 25 yang Allah pilih dan istimewakan menjadi Nabi dan Rasul. Kemudian semakin terperinci lagi dari 25 Nabi dan Rasul hanya ada 5 Rasul Ulul Azmi yaitu, Nabi Muhammad Saw, Nabi Ibrahim As, Nabi Musa As, Nabi Isa As, dan Nabi Nuh As. Dan terakhir, dari 5 Rasul Ulul Azmi tersebut hanya ada satu yang Allah pilih dan istimewakan yaitu, Nabi Muhammad Saw satu-satunya nabi dan satu-satunya utusan Allah yang bisa memberikan syafaat. Dan semoga kita termasuk kepada orang yang kelak akan diberi syafaat oleh nya.

Jadi mungkin itu lah tadi materi yang disampaikan oleh penceramah yang dapat saya tangkap dan simpulkan.

Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Reporter : Azhar Ubaidillah Assakhai
Mahasiswa KPI Semester 3 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

×
Berita Terbaru Update