Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Allah Muliakan Manusia

Minggu, 31 Oktober 2021 | Oktober 31, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-31T02:43:27Z

Dakwahpos.com, Bandung- Pengurus yayasan Fathurrohman rutin gelar pengajian umum setiap Jumat malam. Pengajian umum rutin ini diikuti dengan khidmat oleh para bapak-bapak dan ibu-ibu yang notabenenya adalah masyarakat sekitar. Pengajian dibuka oleh ustaz Asep Lukmannul Hakim yang kemudian dilanjutkan oleh H. Nandang Syarifuddin sebagai mubaligh.

Pengajian rutin ini dilaksanakan selama kurang lebih satu jam. Dalam pengajian rutin kali ini sang mubaligh membahas mengenai manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT. yang dimuliakan.

Dalam pembahasannya, H. Nandang Syarifuddin menyampaikan bahwa Allah SWT. merupakan Sang Khalik atau pencipta sedangkan kita manusia adalah makhluk yang dicipta. Selain itu, makhluk ciptaan-Nya bukan hanya manusia, tetapi seluruh ciptaan-Nya baik yang bernyawa maupun tidak.

Selanjutnya H. Nandang Syarifuddin membaca Q.S. Al Isra' ayat 70 disertai dengan terjemahan dan tafsirannya. "Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT. yang paling dimuliakan oleh Allah SWT. dibandingkan dengan makhluk yang lain sebab manusia diberi akal dan ilmu atau kemampuan serta bentuk yang paling baik diantara ciptaan-Nya. Selain itu juga diberikan rezeki yang baik-baik," ujar H. Nandang Syarifuddin.


Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa Allah SWT. menempatkan manusia di darat dan di lautan dengan diberi kemudahan dalam hidup di alam semesta dan rezeki yang baik-baik. Yakni dengan memakai hewan kendaraan seperti unta, kuda, dan begal, sedangkan di lautan dengan perahu dan kapal laut. Rezeki berupa hasil tanam-tanaman, buah-buahan, juga daging dan susu serta berbagai jenis makanan lainnya yang beraneka ragam serta lezat dan bergizi.


Selain diciptakan paling sempurna manusia memiliki kewajiban dalam hidupnya yakni ibadah. Dalam sebuah ayat Al Quran yang dibacakan oleh mubaligh "Manusia dan jin berkewajiban beribadah semasa hidupnya karena Allah SWT. tidak menciptakan manusia dan jin kecuali untuk beribadah." 

Sebab kita dimuliakan oleh Allah SWT. dan yang diberi rezeki yang baik ketika kita diperintahkan untuk beribadah harus getol dalam ibadah tersebut. Seberapapun rezeki yang diberikan oleh Allah SWT. kita tetap harus bersyukur dan bersabar dalam ibadah. Jumat (29/10/2021).









Reporter : Allice Shetea Fatonah
Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update