Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

4 Nasihat Rasulullah Ketika Khutbah Pertama di Madinah

Minggu, 24 Oktober 2021 | Oktober 24, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-10-24T05:38:33Z

Dakwahpos.com, Bandung- DKM Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung melaksanakan kegiatan rutinan kultum yang diselenggarakan Senin (07/06/2021). Kultum ini diisi oleh Drs. H. Abung Gunawan, M.Ag yang berjudul "Khutbah Pertama Rasulullah di Madinah".

Beliau mengungkapkan bahwa ada empat hal yang disampaikan Rasulullah ketika pertama kali khutbah di Madinah.

Yang pertama yaitu sebarkanlah salam, "Salam ini akan menjelma kebaikannya seandainya yang memberi salam dan menjawab salam satu hari satu niat satu kalimat. Salam ini luar biasa sebab isinya saling mendoakan", ujarnya.

Kemudian yang kedua adalah biasakan memberi makan dan jangan sekali-kali menyebutkan bahwa tidak ada apa-apa di rumah kita.

"Jangan sekali-kali kita mengatakan tidak ada apa-apa, katakanlah mungkin kesenangan saya ini anu, katakanlah tidak ada", ungkap Ustadz Abung.

Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ini melanjutkan bahwa nasihat Rasulullah yang ketiga adalah rajinlah  bersilaturahmi dan kunjungilah orang yang tidak datang kepadamu oleh kamu, juga berbuat baiklah kepada orang lain meskipun orang itu tidak baik kepada kita.

Lebih lanjut lagi, Ustadz H. Abung Gunawan menambahkan qiyamullail pada bulan Ramadhan harus dilakukan seperti salat tarawih dan salat tahajud pada bulan Ramadhan. Dan jadikanlah kebiasaan pada bulan selanjutnya.

"Nasihat Rasulullah yang keempat yaitu salat malam pada bulan Ramadhan (qiyamuramadhan) adalah tarawih dan tahajud, salat malam itu lebih baik daripada tidur dan jadikan kebiasaan juga pada bulan Syawal dan bulan-bulan selanjutnya", pungkasnya.

Reporter: Nurul Badriah, Mahasiswa KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung
×
Berita Terbaru Update