Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Saat Pandemi, Masjid Nurul Khoer Adakan Kegiatan Rutin

Minggu, 26 September 2021 | September 26, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-09-26T11:55:47Z

Sukabumi, Dakwahpos.com- Kabupaten Sukabumi, dinyatakan sebagai daerah yang harus menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4. Sebagai imbasnya, hampir semua tempat harus dibatasi pemberlakuannya sampai pukul 20.00, termasuk tempat-tempat ibadah utamanya masjid yang berada di daerah perkotaan atau didaerah yang ramai.

 

Salah satu masjid yang berada di daerah Sukabumi yaitu masjid Jamie Nurul Khoer Ciraksamala. Meskipun berada di daerah Sukabumi, namun masjid Jamie Nurul Khoer tetap melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti sholat berjama'ah, sholat jum'at, pengajian, dan kegiatan-kegiatan lainnya. Hal tersebut dikarenakan lokasi masjid tersebut berada didaerah pedesaan, sehingga masyarakat merasa aman-aman saja.

 

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Khoer Ciraksamala, Adang menjelaskan bahwa kegiatan-kegiatan dimasjid ini rutin dilaksanakan setiap hari dan setiap minggunya.

 

" Kegiatan-kegiatan yang setiap hari seperti sholat berjama'ah, dan seminggu sekali seperti  sholat jum'at dan pengajian itu rutin di laksanakan, karena maasyarakat merasa bahwa kita berada di kampung jadi jangan terlalu khawatir dengan virus yang sedang melanda, tetapi masyarakat juga tetap menjalankan protocol kesehatan sesuai anjuran pemerintah". Ujarnya (23/09/2021)

 

Kegiatan rutin mingguan yang sering dilaksanakan adalah pengajian Bapak-bapak dan pemuda, yaitu pada malam jum'at atau kamis malam yang dipimpin oleh Ustadz Emang Sulaeman. Kegiatan tersebut diawali dengan hadiah tawasul, dan pembacaan sholawat, kemudian dilanjut dengan pengajian. Adapun tema pada malam ini yaitu 'lima kewajiban umat muslim terhadap muslim yang lain'. Lima kewajiban tersebut yaitu menjawab salam, menjenguk orang yang sedang sakit, mengantarkan jenazah orang yang meninggal, menghadiri undangannya dan mendoakan ketika ada yang bersin. Saat pengajian tersebut berlanggsung, nampak para jama'ah memperhatikan dan mendengarkan dengan seksama, tapi ada juga beberapa jama'ah yang bertanya.

 

Setelah pengajian selesai salah satu jama'ah, Asep Maulana merasa jadi lebih paham dan lebih tau kewajibannya sebagai muslim terhadap muslim lainnya.

 

"Setelah mendengar apa yang disampaikan oleh pa ustadz tadi, saya merasa lebih paham gitu dan lebih tau lagi kewajiban kita terhadap muslim yang lain. Dimana sebelum mendengar ceramah tadi, saya belum mengetahui bahwa kita sebagai muslim itu ternyata punya kewajiban terhadap muslim yang lainnya". Ujarnya (23/09/2021)

 

Reporter : Khoerul Rohman

Mahasiswa UIN SGD Bandung

×
Berita Terbaru Update