Masjid Manhajut Thullab Kembali Adakan Daurah Untuk Pertama Kalinya


Bandung, Dakwahpos.com – Setelah dua tahun vakum kegiatan karena pandemi, Masjid Manhajut Thullab kembali aktif dalam kegiatan masjid dengan mengadakan daurah qur'an untuk para santri yang ada di lingkungan masjid.

Acara tersebut diadakan oleh Rubin.Id, salah satu lembaga yang bekerja sama dengan Pondok Pesantren Manhajut Thullab dan berlangsung pada hari Sabtu, 18 September 2021 sejak ba'da ashar dan selesai ketika masuk azan magrib.

Daurah tersebut diisi oleh Syaikh Ahmad Tajuddin, Guru Besar Al-Azhar Kairo, yang diutus untuk Indonesia dan diterjemahkan oleh Syaikh Ismail, orang mesir yang belajar kepada Syaikh Tajuddin tapi mahir bahasa Indonesia. Materi yang diberikan adalah seputar tips dan trik untuk penghafal Al-Qur'an.

Adapun metode yang digunakan pada daurah tersebut adalah metode tanya jawab. Jadi setelah Syaikh memberikan penjelasan 15-30 menit, para peserta dipersilahkan bertanya apapun yang berkaitan dengan materi ataupun yang tidak berkaitan dengan materi.

Ketua Rubin Manhajut Thullab Roy Hannuddin menuturkan bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk menghidupkan kembali syiar Islam di masjid tersebut sekaligus memberikan kegiatan produktif untuk para santri agar pengetahuannya semakin luas.


"Berhubungan para santri sudah banyak yang kembali ke pondok, kami mencoba mengadakan daurah agar para santri mendapatkan kegiatan produktif yang positif. Masjid ini sudah dua tahun vakum kegiatan karena pandemi. Jadi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, kami mencoba untuk membangkitkan syiar Islam di masjid ini melalui acara daurah tersebut," Ujar beliau (18/09).

Reporter : Mohammad Afif
Mahasiswa UIN SGD Bandung

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023