Malam Jum'at, Masjid As-Syifa Adakan Kegiatan Pengajian

Dakwahpos.com, Bandung- DKM Masjid As-Syifa mengadakan pengajian di hari-hari yang ditentukan, salah satunya di hari Kamis (23/09/2021). Pengajian diisi oleh ceramah Ustadz Dadan dengan dua tema, 'Cobaan dalam Diri Seseorang dan Ciri Orang Merugi.' Tema tersebut sesuai dengan harapan jamaah untuk dapat beradaptasi di dalam kondisi pandemi. 


Pengajian dihadiri oleh orang tua, pemuda dan pemudi di sekitar masjid. Hand sanitizer telah di sediakan di pintu masuk masjid sehingga seluruh jamaah dapat tetap memperhatikan protokol kesehatan. Diawali sholawat Nabi Muhammad, kemudian ceramah, pembacaan surah Yasin, dan doa penutup.


Dalam ceramahnya, Ustadz Dadan mengungkapkan bahwa setiap manusia pasti ada cobaan dalam hidupnya. Nabi-Nabi yang telah dijanjikan masuk surga pun memiliki cobaan, berupa kaumnya yang menentang untuk di ajak ke jalan Allah. Semakin kuat iman seseorang, makin kuat cobaannya. Sebaliknya, semakin tipis agama seseorang, tipis-tipis pula cobaan yang dihadapinya.


"Mengapa setiap orang diberi ujian dan cobaan? Seorang mukmin akan tetap diberi cobaan, sampai ia berjalan di muka bumi ini tanpa dosa sedikit pun. Sudah pasti itu, berdasarkan hadits riwayat Bukhari." ujarnya. "Di dalam diri manusia ada sabar dalam taat, sabar dalam musibah, dan ada sabar dalam maksiat (mencegah diri dari maksiat)." lanjutnya.


Ustadz Dadan pun memaparkan bahwa ada ciri-ciri orang yang akan merugi berdasarkan hadits riwayat Ibnu Asakir dari Annas. Yang pertama, orang yang tidak bersungguh-sungguh dalam tholabul ilmi (menuntut ilmu), atau belajar untuk urusan dunia saja. Yang kedua, orang yang telah mempelajari suatu ilmu namun ia tidak mengamalkannya. Maka jamaah diajak untuk memanfaatkan ilmu yang telah dipelajarinya.

Reporter: Alivva Rahmani, KPI/3A

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023